Guardiola Mengagumkan, tapi Sir Alex Lebih Berpengaruh di Sepakbola Inggris

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 07 Jan 2020 18:30 WIB
Sir Alex disebut lebih berpengaruh di sepakbola Inggris ketimbang Guardiola. Foto: Shaun Botterill/Getty Images
Manchester - Pep Guardiola disebut memberi pengaruh besar bagi sepakbola Inggris sejak kedatangannya ke Manchester City. Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, tak sependapat dengan hal itu.

Jelang duel MU vs City di semifinal Piala Liga Inggris, Rabu (8/1/2020) dini hari WIB, eks pemain Timnas Inggris yang kini menjadi pundit, Gary Lineker, memberikan pujian bagi Guardiola. Baginya, pria asal Spanyol itu membawa perubahan besar di sepakbola Inggris lewat filosofi permainan yang ditampilkan bersama City.

"Bisa dibilang, dia (Guardiola) memberi pengaruh paling positif kepada sepakbola kami," cuit Lineker di akun media sosialnya.

"Guardiola telah mengubah gaya kami bermain dan berpikir tentang sepakbola. Dari yang awalnya terobsesi dengan direct play berubah menjadi total football... dan banyak yang bilang hal itu tak mungkin terjadi," sambungnya.



Melihat cuitan tersebut, wartawan pun meminta pendapat Solskjaer. Seperti yang sudah diduga, pria asal Norwegia itu tak sepakat. Baginya, yang paling berpengaruh dalam sepakbola Inggris adalah eks pelatihnya di MU, yakni Sir Alex Ferguson.

"Saya harus bilang dia (Guardiola) memiliki pengaruh yang begitu besar (pada sepakbola Inggris), dan sejak dia mengambil alih Barcelona, saya selalu mengagumi timnya Pep," cetus Solskjaer jelang laga, seperti dikutip Sky Sports.

"Tapi saya juga harus bilang bahwa saya pernah bekerja di bawah manajer yang paling berpengaruh (Sir Alex Ferguson). Ketika melihat salah satu manajer terbaik yang pernah ada, kalian bisa tahu dari mana dia memperoleh kebijaksanaan tersebut."

"Saya juga pernah bertemu dengan Johan Cruyff sewaktu Jordi (putra Cruyff) masih bermain di MU, dan kalian bisa melihat ada kemiripan antara keduanya," kata pria yang dulu dijuluki Baby-faced Assasin itu.

Guardiola Mengagumkan, tapi Sir Alex Lebih Berpengaruh di Sepakbola Inggris




Simak Video "The Citizens Kurangi Penonton, Final Champions Akan Ada Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/din)