sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 08 Jan 2020 12:39 WIB

Dikontrak Nike, Liverpool Cuma Kalah dari Barcelona dan Madrid

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Kontrak Apparel Liverpool musim depan cuma kalah dari Barcelona dan Real Madrid (Phil Noble/REUTERS)
Liverpool - Kontrak Nike dan Liverpool bakal jadi yang terbesar di Inggris, mengalahkan Manchester United dan Adidas. Tapi, The Reds masih kalah besar ketimbang Real Madrid dan Barcelona.

LIverpool akhirnya bisa mengumumkan Nike sebagai penyedia apparel tim mulai musim 2020/2021. Kontrak kerjasama akan efektif per 1 Juli menggantikan New Balance yang sudah mensponsori klub sejak 2015.

New Balance sebenarnya berniat melipatgandakan kontrak baru karena mereka punya opsi pertama untuk itu. Tapi, Liverpool percaya Nike bisa melebarkan sayap penjualan jersey dan merchandise lebih merata ke seluruh dunia.

Dengan prestasi Liverpool sejak ditangani Juergen Klopp, Nike pun berani membayar 80 juta paun per tahun untuk kontrak jangka panjang. Dengan nilai Rp 1,4 T itu, kerjasama Liverpool dan Nike jadi yang tertinggi di Inggris.




Kontrak MU dan Adidas yang bernilai 75 juta paun atau sekitar Rp 1,37 T pun harus turun ke posisi kedua di ajang Premier League dengan durasi kontrak sedari 2015 hingga 2025.

Di posisi ketiga ada Manchester City yang mengikat kerjasama dengan Puma sedari 2019 hingga 2029 dengan nilai 65 juta paun atau sekitar Rp 1,18 T. Arsenal dengan Adidas serta Chelsea dengan Nike mendapat bayaran Rp 1,09 T per tahun atau 60 juta paun untuk lima tahun sedari 2019.

Jika ditotal dengan seluruh klub kaya lainnya, Liverpool ternyata cuma ada di urutan ketiga. Di posisi kedua ada Barcelona yang dibayar Nike senilai 100 juta paun atau sekitar 1,82 T per tahun untuk 10 tahun.

Madrid ada di posisi teratas dengan kontrak 110 juta paun per tahun dari Adidas atau senilai Rp 2 T untuk durasi 2016 hingga 2028.

Dikontrak Nike, Liverpool Cuma Kalah dari Barcelona dan MadridFoto: Screenshot Dailymail.co.uk





Simak Video "Minati Van de Beek, Madrid dan MU Jangan Ngarep Diskon"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com