sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 11 Jan 2020 10:17 WIB

Klopp Vs Mourinho, Siapa Lebih Baik... Saat Masih Aktif Bermain?

Bayu Baskoro - detikSport
Jose Mourinho dan Juergen Klopp sama-sama pernah menjadi pemain (Foto: Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
FOKUS BERITA Tottenham Vs Liverpool
London - Juergen Klopp dan Jose Mourinho aktif sebagai pemain sebelum meneruskan kariernya di dunia kepelatihan. Siapa yang lebih baik sewaktu masih menjadi pesepakbola?

Saat ini siapa penggila sepakbola yang tidak kenal dengan Klopp dan Mourinho? Keduanya merupakan manajer top yang kini melatih dua klub besar Inggris, Liverpool dan Tottenham Hotspur.

Soal prestasi sebagai manajer, keduanya telah berhasil menyabet berbagai trofi bergengsi di Eropa. Meski demikian, tidak banyak yang tahu bahwa Klopp dan Mourinho pernah aktif sebagai pesepakbola pada masa mudanya meski bukan bermain di divisi teratas.

[Gambas:Youtube]



Mengutip Transfermarkt, Klopp 11 tahun bermain di divisi dua Liga Jerman bersama Mainz 05 pada 1990 sampai 2001. Manajer Liverpool itu mencatatkan 341 penampilan di semua kompetisi dengan koleksi 46 gol sepanjang kariernya sebagai pemain.

Sementara itu, Mourinho aktif bermain sebagai pesepakbola pada 1980 hingga 1987. The Special One banyak bermain sebagai gelandang di klub-klub medioker Portugal pada periode tersebut.

Ia pertama kali bermain di Rio Ave, klub yang dilatih oleh ayahnya, Jose Manuel Mourinho Felix, selama dua tahun. Selanjutnya, pria asal Portugal itu melanjutkan karier bersama tim Belenenses.

Pada 1983, Mourinho pindah ke klub Sesimbra dan menghabiskan dua tahun di sana. Kemudian, ia menghabiskan kariernya di Comercio e Industria hingga memutuskan gantung sepatu pada 1987.


Setelah pensiun sebagai pemain, keduanya lalu melanjutkan karier sebagai pelatih dan meraih sukses bersama klub-klub yang ditanganinya. Klopp mampu membawa Mainz 05 promosi ke Bundesliga untuk pertama kalinya, lalu dua kali menjadikan Borussia Dortmund juara Liga Jerman, serta memimpin Liverpool merajai Liga Champions.

Karier Mourinho sebagai pelatih jauh lebih mentereng dibandingkan saat ia masih berstatus pemain. Ia tercatat telah memimpin klub-klub besar Eropa, mulai Porto, Chelsea (dua kali), Real Madrid, Inter Milan, Manchester United, hingga kini menjabat sebagai manajer Tottenham. Berbagai gelar domestik hingga dua titel Liga Champions pun sudah didapatkannya.

Klopp dan Mourinho pun bakal bertarung strategi di ajang Liga Inggris pada akhir pekan ini. Keduanya memimpin Liverpool dan Tottenham dalam duel yang berlangsung di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (12/1/2019).


Selanjutnya
Halaman
1 2
FOKUS BERITA Tottenham Vs Liverpool
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com