sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 17 Jan 2020 18:02 WIB

Liga Inggris di TVRI Jadi Perkara, Harga Siarannya Memang Paling Mahal

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Harga hak siar tayangan sepakbola Liga Inggris termahal di dunia. (Foto: Phil Noble/Reuters)
Jakarta - Siaran Liga Inggris menjadi polemik di balik pemecatan Helmy Yahya sebagai Dirut TVRI. Siaran Liga Inggris memang bertarif paling mahal di dunia. Berapa?

Dewan Pengawas (Dewas) TVRI memutuskan tidak menerima jawaban dari surat pembelaan diri Helmy Yahya. Ketua Dewas TVRI Arief Hidayat Thamrin mengungkapkan bahwa Helmy tidak memberikan penjelasan mengenai siaran berbiaya besar seperti siaran sepakbola Liga Inggris.

Seperti diketahui TVRI menjadi satu-satunya televisi di Indonesia yang menyiarkan pertandingan-pertandingan Premier League pada musim 2019/2020. TVRI membeli siaran Liga Inggris dari pemilik hak siar di Indonesia, Mola TV. Berapa nilainya? Helmy Yahya memilih bungkam.


"Ini bukan soal uang. Tapi setelah kita diskusi sama pemberi hak siar, kami pada sampai kesimpulan, ada hal-hal yang tidak diperhitungkan orang. Yaitu jangkauan. Saya tidak bisa buka nilai atau angka-angkanya. Tapi bagi kita, ini adalah rezeki masyarakat Indonesia," ucap pria asal Sumatra Selatan itu saat diwawancarai oleh sebuah media Tanah Air, pada tahun lalu.


TVRI memang tidak menayangkan seluruh pertandingan, melainkan hanya dua kali sepekan di hari Sabtu dan Minggu di jam-jam tertentu. Dikutip dari AP, harga hak siar Liga Inggris merupakan yang termahal dengan nilai total 9,2 miliar paun (Rp 164 triliun), atau 4,2 miliar paun (Rp 6,37 triliun) untuk internasional.

Nilai hak siar Liga Inggris jauh di atas Liga Italia. Per kesepakatan Oktober 2017, siaran Liga Italia serie A dijual ke pasar internasional dengan nilai 371 juta euro (Rp 6,6 trilun) untuk periode 2018-2021.

Sedangkan hak siar Liga Jerman dengan cakupan serupa 'hanya' berharga 280 juta euro (Rp 4,25 triliun) selama lima tahun dari 2017-2021.

Simak Video "Sangkal Tudingan Dewas Soal Liga Inggris, Helmy: Jangan Fitnah!"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com