sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 19 Jan 2020 11:30 WIB

Aksi 'Tangan Tuhan' Steve Cook

Yanu Arifin - detikSport
Bek Bournemouth, Steve Cook, diusir wasit dalam laga melawan Norwich City. (Foto: Marc Atkins/Getty Images)
Norwich - Ada pemandangan menarik saat Norwich City menghadapi AFC Bournemouth. Bek The Cherries, Steve Cook, membuat aksi 'Tangan Tuhan'.

Norwich menjamu Bournemouth di Carrow Road, Norwich, Sabtu (18/1/2020) pada pekan ke-23 Liga Inggris. Di menit ke-31, sebuah serangan dilancarkan tuan rumah lewat aksi Teemu Pukki.

Pukki mampu melepaskan tembakan, meski dikawal Cook, namun bolanya bisa digagalkan kiper Aaron Ramsdale. Bola muntahnya kemudian diteruskan Ondrej Duda dengan sepakan lob, mengingat Ramsdale sudah mati langkah.

Namun, Cook membuat aksi 'Tangan Tuhan' untuk menghindarkan gawangnya dari kebobolan. Meski sempat terjatuh usai berduel dengan Pukki, Cook langsung bangkit dan menepis bola dengan tangan kanannya. Penyelamatan gemilang dilakukannya.

Aksi Cook mirip kiper sungguhan. Ia meniru gaya striker Timnas Uruguay, Luis Suarez, di Piala Dunia 2010, ketika terpaksa menggagalkan gol Ghana dengan sengaja membuat handball.

Aksi Cook pun berujung kartu merah dari wasit Paul Tierney. Penalti kemudian diberikan kepada Norwich, yang bisa dimaksimalkan Pukki menjadi gol. Hingga akhir laga, skor 1-0 tetap bertahan untuk kemenangan The Cannaries.

Di media sosial, banyak yang mengejek aksi Cook. Menurutnya, bek Bournemouth itu layak dibeli tim-tim raksasa atas keberaniannya memperlihatkan aksi 'Tangan Tuhan' dengan gamblang. Aksinya bahkan dijuluki sebagai Saves of the Season.

"Dia kemudian diberi kartu merah oleh wasit, sebelum VAR membuat keputusan termudah sepanjang sejarah, ketika Pukki akan mengambil tendangan dari titik putih," tulis Sportbible.

Sementara pelatih Bournemouth, Eddie Howe, dengan santai membela keputusan Cook. "Sejujurnya, cukup adil jika bilang Cook tidak bermaksud melakukannya," kata Howe usai laga.

Simak Video "Momen Steve Cook Jadi Kiper 'Jadi-jadian'"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com