sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 20 Jan 2020 01:27 WIB

Liverpool Vs MU: Gol Van Dijk dan Salah Menangkan The Reds

Bayu Baskoro - detikSport
Gol Virgil van Dijk dan Mohamed Salah menangkan Liverpool atas Man Utd (Foto: Photo by Michael Regan/Getty Images)
Liverpool - Liverpool menaklukkan Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris. Gol Virgil van Dijk dan Mohamed Salah bawa The Reds menang 2-0.

Pekan ke-23 Liga Inggris mempertemukan Liverpool vs MU. Laga berlangsung di Stadion Anfield, Minggu (19/1/2020) malam WIB.

Liverpool tampil mendominasi di babak pertama ketimbang MU. The Reds total melepaskan tujuh tembakan dan melakukan 59 persen penguasaan bola.

Virgil van Dijk membawa Liverpool unggul di menit ke-14. Tim tuan rumah sempat membuat dua gol melalui Roberto Firmino dan Georgino Wijnaldum, tetapi keduanya dianulir Video Assistant Referee (VAR). Skor 1-0 untuk The Reds menutup babak pertama.

Di babak kedua, MU lebih banyak menekan lini pertahanan Liverpool. Meski demikian, skuat asuhan Juergen Klopp yang mampu menambah keunggulan via sepakan Mohamed Salah. Laga tuntas 2-0 untuk kemenangan tim tuan rumah.

Hasil ini membawa Liverpool semakin kukuh di puncak klasemen Liga Inggris dengan 64 poin. Sementara MU tetap di urutan kelima dengan 34 poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan Liverpool vs Manchester United

Liverpool membuka peluang di menit ketujuh lewat tandukkan Sadio Mane yang diawali tendangan bebas Trent Alexander-Arnold. Bola masih menyamping dari gawang David de Gea.

Gol! Liverpool mencetak angka di menit ke-14. Berawal dari tendangan sudut Alexander-Arnold, Virgil van Dijk menanduk bola ke gawang MU. Skor 1-0 untuk The Reds.

Liverpool menggandakan keunggulan di menit ke-24. Memanfaatkan umpan Mane, ia melepaskan tembakan dari kotak penaltinya gagal diadang De Gea.

Namun, Video Assistant Referee (VAR) memutuskan gol tersebut dianulir lantaran adanya pelanggaran kepada De Gea oleh Van Dijk sebelum terjadinya gol. Skor tidak bertambah buat Liverpool.

Georgino Wijnaldum mencetak gol lewat sontekannya di menit ke-35 usai memanfaatkan umpan terobosan Alex Oxlade-Chamberlain. Meski demikian, gol tersebut dibatalkan VAR karena gelandang Liverpool itu sudah terperangkap offside.

MU nyaris menyamakan kedudukan ketika Aaron Wan-Bissaka mengirim umpan dari sisi kanan. Andreas Pereira yang sudah berhadapan dengan Alisson Becker gagal menceploskan bola itu.

Hingga jeda turun minum, tidak ada tambahan gol tercipta. Skor 1-0 untuk Liverpool menutup babak pertama.


Memasuki babak kedua, Salah nyaris menggandakan keunggulan Liverpool di menit ke-46. Diawali umpan Andy Robertson di sisi kiri, sepakannya hanya meluncur tipis di sisi gawang MU.

Dua menit berselang, giliran Jordan Henderson yang hampir membuat gol. Namun, bola tembakannya dari luar kotak penalti cuman menghantam gawang De Gea.

Chamberlain mengancam lewat tendangannya di menit ke-51, tetapi bola bisa diamankan De Gea. MU balik mengancam lima menit berselang via sepakan Fred, namun bola belum menemui sasaran.

Anthony Martial nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-58. Berada dalam posisi terbuka di kotak penalti, tembakannya malah melayang di atas gawang Alisson.

Fred kembali melepaskan tembakan berbahaya di menit ke-66. Alisson masih mampu menepis bola keluar dan hanya berbuah tendangan sudut untuk MU.

MU terus menekan lewat tusukan-tusukan Fred dan Wan-Bissaka. Meski demikian, solidnya lini belakang Liverpool belum bisa ditembus skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu.

Terus menyerang, MU justru kecolongan di menit-menit akhir menjelang pertandingan berakhir. Diawali serangan balik dari barisan belakang Liverpool, Salah membawa bola ke lini pertahanan tim tamu dan menaklukkan De Gea. Skor 2-0 menjadi penutup pertandingan kedua tim.


Susunan Pemain Liverpool vs Manchester United

Liverpool: Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold; Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain (Adam Lallana 66'), Jordan Henderson, Georgino Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino (Divock Origi 82'), Sadio Mane (Fabinho 82').

Man United: David De Gea; Brandon Williams (Mason Greenwood 75'), Harry Maguire, Victor Lindelof, Aaron Wan-Bissaka; Nemenja Matic, Fred; Luke Shaw, Andreas Pereira (Juan Mata 75'), Daniel James; Anthony Martial



Simak Video "Liverpool Vs MU, Adu Tajam Trio The Reds Lawan Trisula Setan Merah"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com