sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 20 Jan 2020 15:41 WIB

Tuntaskan Rasa Penasaran ke Gawang MU, Ini Profil Mo Salah

Lusiana Mustinda - detikSport
Mohamed Salah tampil mantap saat Liverpool mengalahkan Manchester United (Shaun Botterill/Getty Images)
Jakarta - Mohamed Salah menuntaskan rasa penasarannya terhadap Manchester United pada Minggu (19/1/2020) malam WIB. Pesepakbola asal Mesir itu sukses menjebol gawang yang dijaga David de Gea di injury time.

Duel di Anfield semalam berlangsung sengit. Di babak pertama The Reds lebih unggul namun di akhir injury time, Salah mencetak satu gol setelah menerima assist dari Kiper Liverpool, Alisson Becker.


Setelah kembali dari cedera, Salah menorehkan kebolehannya dengan membobol gawang lawan dua gol. "Seperti yang Anda lihat, pada hari ini aku kembali dari cedera jadi kami memenangi pertandingan. Aku sangat gembira untuk tim sekarang," seloroh Salah kepada Sky Sports. "Kami menikmati momennya dan mudah-mudahan tuntas seperti itu. "

Tampil menonjol bersama Liverpool, ini dia sosok Mohamed Salah:

1. Karier

Lahir di Basyoun, Mohamed Salah lahir pada 15 Juni 1992. Lahir dan besar di Mesir, Salah memulai kariernya dari klub El Mokawloon.

Karier Mohamed Salah mulai meroket ketika promosi ke tim utama El Mokawloon dan di tahun 2012 kariernya di Eropa mulai terbuka ketika Mesir menjamu tim asal Swis, Basel FC. Saat itu, Mohamed Salah berhasil mencetak 2 gol. Melihat aksinya, Baselpun mengontraknya selama 4 tahun.

Ia mulai melebarkan sayapnya dengan masuk ke Chelsea, namun bersama The Blues kariernya kurang cemerlang. Salah lebih sering duduk di kursi cadangan.

Pindah ke Fiorentina tahun 2015, Mohamed Salah berhasil mencetak 9 gol dan mencatatkan 4 assist dalam 26 pertandingan. Di Fiorentina awalnya salah hanya pemain pinjaman dari Chelsea.

Club selanjutnya yang pernah disinggahi Salah adalah AS Roma. Di sini ia tampil lebih ganas bersama Tim Serigala Ibu Kota. Dari 83 penampilannya bersama AS Roma, Salah mampu mencetak 34 gol dan memberikan 24 assist untuk timnya.

Di tahun 2017, Salah kembali ke Premier League untuk bergabung dengan Liverpool.

Mohammed Salah.Mohammed Salah. Foto: Michael Regan / Getty Images


2. Pemain Terbaik

Tahun 2018, Mohamed Salah dinobatkan menjadi pemain terbaik dalam polling yang digelar federasi suporter sepak bola Inggris dan Wales FSF.

Sejak bergabung dengan AS Roma, Salah langsung menjelma sebagai mesin pencetak gol. Penampilan impresifnya berhasil menyabet beberapa penghargaan mulai dari PFA Player of the Year, Football Writers' Footballer of the Year hingga pemain terbaik Afrika.

Pemilik akun Instagram @mosalah ini juga menjadi pemain Liga Primer pertama yang mendapat penghargaan Pemain Terbaik Bulanan sebanyak tiga kali dalam satu musim. Salah meraih Player of the Month itu pada November 2017 serta Februari dan Maret 2018.


3. Tokoh Muslim Paling Berpengaruh

Mohamed Salah masuk di urutan nomor 46 dalam daftar 500 tokoh muslim berpengaruh dunia tahun 2019. Daftar ini diterbitkan oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC) yang bertempat di Amman, Yordania.

Mohamed Salah menjadi satu-satunya atlet dalam 50 besar diantara tokoh negara dan cendekiawan muslim. Masuk dalam daftar muslim paling berpengaruh karena Salah menunjukkan performa gemilang bersama Liverpool dalam beberapa musim terakhir.


Mohamed Salah.Mohamed Salah. Foto: AP Photo/Jon Super

4. Dikenal Sosok yang Dermawan

Dibalik kesuksesannya menjadi pemain bola, Mohamed Salah memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dikutip dalam Egypt Independent, Mohamed Salah pernah menyumbangkan tanahnya dan membangun pabrik pengolahan limbah untuk memasok air minum bersih ke penduduk desa.

5. Inspirasi Timur Tengah

Menjadi bomber Liverpool, Mohamed Salah juga dikenal sebagai duta Timur-Tengah dan juga duta Islam di Barat. Ditengah kuatnya kebencian terhadap Timur - Tengah dan Islam yang terus menguat (islamophobia), Salah dapat memperbaiki citra yang selama ini dikenal sebagai teroris.

Apalagi Liverpuldian selama ini dikenal memiliki fans sepakbola yang fanatik. Mereka pun menerima Salah yang berlatar belakang seorang Muslim. Bahkan sumbangsihnya kepada Liverpool sangat mengagumkan.



Simak Video "Salah Hat-trick, Liverpool Kandaskan Leeds 4-3"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com