sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 24 Jan 2020 17:40 WIB

Salah Egois? Tidak Juga, kok

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Mohamed Salah memimpin daftar perolehan assist Liverpool dalam tiga musim terakhir (Jon Super/AP Photo)
Wolverhampton -

Mohamed Salah tengah dikritik karena keegoisannya tak mengoper ke Takumi Minamino. Tapi, ada statistik yang membantah anggapan miring soal Salah.

Liverpool melawat ke Molineux Stadium, Jumat (24/1/2020) dini hari WIB. Tiga poin berhasil dibawa pulang usai menang dengan skor 2-1. Jordan Henderson membawa Liverpool unggul di menit ke-14.

Raul Jimenez lantas menyamakan skor di menit ke-51 sebelum tiga poin dipastikan Roberto Firmino lewat golnya di menit ke-84.

Liverpool sebenarnya berpeluang menang lebih besar andaikan mereka bisa mencetak gol lewat peluang emas di injury time babak pertama. Saat itu Salah sedang menggiring bola memasuki kotak penalti dari sisi kanan.



Meski dikawal 2-3 pemain lawan, Salah tetap memaksa menembak dan akhirnya peluang Liverpool terbuang begitu saja. Padahal di sebelah Salah ada Minamino yang berada dalam posisi lebih bebas untuk bikin gol.

Hal ini lantas membuat Salah dikiritik habis-habisan karena dianggap egois dan tak mau memberikan bola kepada Minamino. Salah memang tengah berupaya menambah perolehan golnya yang baru mencapai 15 musim ini dari 30 penampilan, sama dengan Sadio Mane.

Tapi, Mane lebih mendapat apresiasi dengan bermain dengan kerendahan hati dan mau berbagi dengan rekan-rekannya. Mane bahkan punya torehan assist lebih banyak ketimbang Salah musim ini, yakni 11 berbanding delapan.

Di antara tiga trio lini serang, Roberto Firmino masih lebih baik ketimbang Salah dengan sembilan assist. Tapi itu adalah statistik musim ini. Jika bicara statistik sejak 2017/2018 atau saat Salah pertama kali berseragam Liverpool, statistik justru membuktikan pemain Mesir itu tidak egois.


Sky Sports melansir bahwa Salah menguasai beberapa statistik serangan di tim Liverpool, seperti penciptaan peluang , penciptaan peluang dari open play, peluang emas, assist, dan assist yang kemungkinan jadi gol.

Pada musim pertamanya, Salah membuat 16 assist dan 44 gol dari 52 penampilan di seluruh kompetisi. Jumlah 16 assist itu jadi yang terbanyak di antara pemain lainnya.

Sementara musim lalu, Salah dengan 13 assist, cuma kalah dari Trent-Alexander Arnold sebagai penyumbang assist terbanyak di Liverpool, yakni 15 dan sama dengan Andrew Robertson dengan 13 assist.

Khusus di Premier League, ada 27 assist dibuat Salah atau total 37 assist di seluruh kompetisi, terbanyak di antara pemain lainnya. Dengan statistik seperti ini, masih ada yang mau bilang Salah pemain egois?

Salah Egois? Tidak Juga, kok


Simak Video "Koeman Ingin Datangkan Salah ke Barcelona"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com