sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 26 Jan 2020 00:05 WIB

Hasil Piala FA: Tottenham Tertahan di Markas Southampton

Putra Rusdi K - detikSport
Southampton menahan imbang 1-1 Tottenham Hotspur di babak keempat Piala FA (Foto: Photo by Dan Istitene/Getty Images)
Southampton -

Gol Sofiane Boufal tiga menit sebelum usai membuyarkan kemenangan Tottenham Hotspur. The Lillywhites tertahan 1-1 oleh Southampton di babak keempat Piala FA.

Southampton menjamu Tottenham di St. Mary's Stadium pada babak keempat Piala FA, Sabtu (25/1/2020) malam WIB. Duel kedua tim berakhir tanpa gol di babak pertama.

Tim tamu baru mampu membuka keunggulan pada menit ke-56 melalui Son Heung-min. Ia mencetak gol usai memanfaatkan assist Erik Lamela.

Namun kemenangan yang sudah di depan Tottenham harus pupus tiga menit jelang laga usai. Soufiane Boufal mencetak gol untuk memaksa laga berakhir 1-1.

Hasil imbang ini membuat kedua tim harus melakoni laga replay demi mendapatkan tiket ke babak kelima. Laga ulangan nantinya bakal digelar di markas Tottenham, Tottenham Hotspur Stadium.

Jalannya Pertandingan

Southampton mendominasi penguasaan bola di awal pertandingan.Meski begitu, Tottenham yang justru mampu menciptakan peluang berbahaya terlebih dahulu.

Pada menit ke-11, mereka melakukan serangan cepat melalui kombinasi umpan pendek Lucas Moura dan Dele Alli. Ia kemudian menyodorkan bola ke Son Heung-Min yang berada di sisi kiri.

Pemain asal Korea Selatan ini langsung melepas sepakan keras. Upayanya ini belum membuahkan hasil karena arah bola masih melebar dari gawang Angus Gunn.

Di menit ke-29, Anak asuhan Jose Mourinho mampu mencetak gol melalui sepakan Giovani Lo Celso. Namun gol ini dianulir wasit usai meninjau Video Assistant Referee (VAR).

Dalam tayangan ulang sepakan Lo Celso menyentuh Son yang sudah berada dalam posisi offside. Mendapat tekanan dari Tottenham, Southampton tak tinggal diam dan berusaha merespon.

Mereka hampir saja membuka keunggulan di menit ke-37. Mendapat umpan dari tendangan bebas, Danny Ings berhasil menjangkau bola mendahului Hugo Lloris yang keluar dari sarangnya.

Ings kemudian melepas tembakan ke gawang yang kosong ditinggal Lloris. Tottenham terhindar dari kebobolan setelah Japhet Tangana dengan cepat bereaksi untuk menghalau bola tepat di garis gawang.

Meski kedua tim saling bertukar serangan sepanjang babak pertama. Namun tak ada gol yang tercipta hingga turun minum.

Kebuntuan di laga ini akhirnya pecah pada menit ke-58. Tottenham mampu unggul 1-0 usai Son mencatatkan namanya di papan skor.

Gol ini bermula tusukan Lo Celso dari lini tengah yang melewati tiga pemain Southampton. Ia kemudian memberikan bola ke Erik Lamela.

Berdiri di depan kotak penalti tuan rumah, Lamela dengan cermat melihat pergerakan Son di sisi kiri. Bola umpannya dituntaskan pemain asal Korea Selatan dengan sepakan mendatar yang tak mampu dibendung Gunn.

Tertinggal, Southampton berusaha meningkatkan intensitas tekanan ke gawang Tottenham. Usaha tak kenal menyerah Southampton untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-87.

Kesalahan Serge Aurier yang kehilangan bola di lini tengah harus dibayar mahal. Bola yang mampu direbut Pierre-Emile Hojbjerg disodorkan ke Ings yang bergerak di sektor kiri.

Ings lalu melepas umpan tarik yang langsung disambar Soufiane Boufal untuk menggetarkan jala Lloris. Skor 1-1 ini bertahan hingga laga tuntas.

Susunan Pemain

Southampton: Angus Gunn; Kevin Danso (Sofiane Boufal 71'), Jack Stephens, Jan Bednarek, Ryan Bertrand; Stuart Armstrong (Moussa Djenepo 43'), James Ward-Prowse, Pierre-Emile Hojbjerg, Nathan Redmond; Michael Obafemi (Che Adams 74'), Danny Ings.

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris; Serge Aurier, Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Japhet Tanganga; Harry Winks, Gedson Fernandes (Erik Lamela 56'); Giovani Lo Celso, Dele Alli (Erik Dier 90'), Son Heung-Min; Lucas Moura.



Simak Video "Tottenham Bantai Southampton, Son Heung-min 4 Gol"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com