sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 28 Jan 2020 11:34 WIB

Arab Saudi Beli Newcastle United Seharga Rp 6 Triliun?

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - JANUARY 21: Florian Lejeune of Newcastle United celebrates with Fabian Schar after scoring his teams second goal  during the Premier League match between Everton FC and Newcastle United at Goodison Park on January 21, 2020 in Liverpool, United Kingdom. (Photo by Alex Livesey/Getty Images) Arab Saudi negosiasikan pembelian Newcastle United. (Foto: Alex Livesey/Getty Images)
Jakarta -

Newcastle United dikabarkan tengah dalam proses negosiasi ambil alih oleh pangeran Arab Saudi. Bahkan pembicaraan disebut-sebut sudah mencapai tahap lanjut.

Negosiasi antara Dana Investasi Publik atau Public Investment Fund (PIF) Arab Saudi dengan pemilik Newcastle United Mike Ashley dilaporkan BBC sudah berjalan beberapa bulan ini. Sumber BBC juga mengatakan bahwa ada peluang besar kesepakatan bakal terjalin.

Kesepakatan itu diperkirakan bernilai 340 juta paun atau sekitar Rp 6,04 triliun (kurs 1 paun = Rp 17.769). Meski demikian, negosiasi juga masih mungkin kandas mengingat tingkat kerumitan negosiasi semacam ini.

"Ashley tidak ada kebutuhan untuk menjual, dan dia itu tak terprediksi," ungkap satu sumber BBC.

Negosiasi ini terjalin dengan perantara pebisnis Inggris, Amanda Staveley, yang memang punya koneksi kuat di Timur Tengah. Ia yang membuka jalur negosiasi klub Liga Inggris tersebut dengan Pangeran Arab Mohammed bin Salman.

Staveley adalah sosok yang turut menengahi pembelian Manchester City oleh Sheikh Mansour pada 2008 silam. Ia kabarnya menginginkan 10% saham Newcastle jika kesepakatan terjalin.

Jika transaksi ini berhasil, maka akan menambah daftar keterlibatan Arab Saudi di sepakbola Eropa. Sebelumnya sudah ada Sheffield United yang dimiliki Pangeran Arab lainnya, yakni Abdullah bin Mosaad bin Abdulaziz Al Saud.

Selain itu ada pula klub divisi dua Liga Spanyol, Almeria, yang dipuyai kepala Otoritas Hiburan Umum atau General Entertainment Authority Arab Saudi, Turki al-Sheikh.

Newcastle sendiri dimiliki oleh Mike Ashley sejak 2007 silam. Ia membelinya seharga 134,4 juta paun atau sekitar Rp 2,39 triliun dengan kurs saat ini.

Tahun lalu Grup Bin Zayed, yang mewakili miliuner Uni Emirat Arab Sheikh Khaled bin Zayed Al Nahyan, sempat nyaris menggengam kepemilikan Newcastle. Tapi kesepakatan batal terwujud.



Simak Video "Arab Saudi Buka Penerbangan Internasional Mulai 15 September"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com