sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 01 Feb 2020 08:15 WIB

Pinjam Ighalo, Man United Cuma Bayar Sepertiga Gajinya

Mohammad Resha Pratama - detikSport
WATFORD, ENGLAND - SEPTEMBER 18: Odion Ighalo of Watford misses a chance to score for Watford during the Premier League match between Watford and Manchester United at Vicarage Road on September 18, 2016 in Watford, England.  (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images) Manchester United cuma membayar sepertiga gaji Odion Ighalo (Laurence Griffiths/Getty Images)
Manchester -

Manchester United resmi meminjam Odion Ighalo dari Shanghai Shenhua. Meski Ighalo bergaji fantastis, Setan Merah cuma membayar sepertiganya. Kok, bisa?

Ighalo didatangkan MU mepet-mepet jelang penutupan bursa transfer Januari dengan kontrak enam bulan. Striker asal Nigeria itu diproyeksikan mengisi kekosongan di lini depan sepeninggal Marcus Rashford yang cedera.

"Manchester United mengonfirmasi bahwa Odion Ighalo akan bergabung dari Shanghai Shenhua dengan status pinjaman hingga akhir musim. Selama datang, Odion!," demikian pernyataan resmi klub.



Ighalo masih berada di Shanghai saat deal tercapai dan akan terbang ke Manchester akhir pekan ini untuk menjalani tes medis, demi merampungkan kepindahannya. Ighalo diharapkan juga bisa mempertajam lini serang MU.



Pasalnya, Ighalo punya catatan gol oke saat memperkuat Watford sedari 2015 hingga 2017. Pemain 30 tahun itu membuat 39 gol dari 39 penampilan, termasuk 15 gol di musim debutnya bersama Watford di Premier League.

Sayangnya, Ighalo menurun di musim keduanya karena cuma bikin satu gol dari 18 laga sebelum pindah ke Changchun Yatai pada 2017. Tapi, catatan 15 gol di Premier League itu adalah yang terbaik di antara striker MU saat ini, termasuk Rashford yang maksimal cuma bisa bikin 14 gol di liga.

Dengan cederanya Rashford dan menyisakan Anthony Martial serta Mason Greenwood, Ighalo diprediksi bisa jadi pilihan utama Ole Gunnar Solskjaer. Bicara soal pemain dari klub China, sudah pasti Ighalo punya gaji selangit.



Dilansir Daily Mail, Ighalo punya gaji 300 ribu paun atau sekitar Rp 5,4 M per pekan dari Shanghai. Jumlah ini setara dengan beberapa pemain top MU seperti Paul Pogba dan David de Gea.

MU lantas meminta keringanan kepada Shanghai dan hanya diharuskan membayar sepertiganya, yakni sekitar Rp 1,8 M per pekannya. Tapi, MU diwajibkan membayar biaya peminjaman sekitar 2-4 juta paun atau sekitar maksimal Rp 72 M.

MU mengalihkan buruan ke Ighalo setelah gagal mendapatkan Joshua King dari Bournemouth yang dihargai 40 juta paun. Harga itu terbilang sangat tinggi untuk pemain yang cuma jadi pengganti sementara Rashford.



Simak Video "Kisah Sedih dari Selebrasi Gol Perdana Ighalo di MU"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com