sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 13 Feb 2020 20:10 WIB

Seberapa Bagus Hakim Ziyech untuk Chelsea?

Afif Farhan - detikSport
AMSTERDAM, NETHERLANDS - MAY 08: Hakim Ziyech of Ajax in action during the UEFA Champions League Semi Final second leg match between Ajax and Tottenham Hotspur at the Johan Cruyff Arena on May 08, 2019 in Amsterdam, Netherlands. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images) Seberapa Bagus Hakim Ziyech untuk Chelsea? (Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
London -

Pemain Ajax, Hakim Ziyech, diklaim bisa saja menjadi pemain Chelsea di musim depan. Sebagus apa sih dirinya?

Harian Belanda, De Telegraph, memberitakan bahwa Ajax Amsterdam bersedia melepas Ziyech ke Chelsea di musim panas mendatang. Banderol 38 juta paun sudah disepakati kedua klub yang merupakan klausul dalam kontraknya.



Seberapa Bagus Hakim Ziyech untuk Chelsea?Hakim Ziyech (Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)



Bagi fans Chelsea, Hakim Ziyech namanya sudah tidak asing lagi. Dalam fase grup Liga Champions musim ini, The Blues sudah dua kali ketemu Ajax.

Leg pertama di kandang Ajax, Chelsea bisa menang tipis 1-0. Kemudian di leg kedua di kandang Chelsea, skor berakhir imbang 4-4 dan jadi panggungnya Ziyech.

Ziyech bermain sebagai playmaker dan posisinya tepat di belakang striker, Dusan Tadic. Dia mencetak dua assist dalam laga tersebut dan membuat Kepa Arrizabalaga bunuh diri karena tendangan bebasnya.

Seberapa Bagus Hakim Ziyech untuk Chelsea?Hakim Ziyech saat menghadapi Chelsea (Catherine Ivill/Getty Images)





Lantas, seberapa bagus Ziyech untuk Chelsea?

Dilansir dari 90min.com, Ziyech bisa disebut sebagai pemain terbaik Ajax saat ini. Usianya sudah cukup matang, 26 tahun.

Ziyech yang pertama kali bergabung untuk Ajax di tahun 2016, dia sudah bermain sebanyak 213 kali di semua kompetisi dengan catatan 79 gol dan 87 assist.

Seberapa Bagus Hakim Ziyech untuk Chelsea?Ziyech yang berbahaya di posisi sayap (Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)



Ziyech biasa bermain di posisi sayap tapi kadang ditempatkan di belakang striker. Dia punya kecepatan dan tendangan dengan teknik yang ciamik.

Bahkan, Ziyech disebut sebagai pemain sayap klasik. Artinya, dia punya kemampuan untuk memberi umpan matang yang memanjakan dan berani di situasi satu lawan satu dengan bek lawan. Sepanjang musim ini, dia pun sudah mengoleksi 21 assist.



"Saya tak terkejut soal berita tentang Ziyech. Saya tahu para pemain saya banyak diincar klub-klub besar Eropa. Itu luar biasa," kata pelatih Ajax, Erik ten Hag seperti dilansir Mirror.

"Saya juga sudah lama tahu apa yang dia inginkan. Dia sudah punya gambaran. Dia tahu betul klub mana yang tertarik padanya, dan mana yang tidak. Chelsea adalah klub yang fantastis, saya sangat bangga padanya," tambahnya.

Di tengah belum on fire-nya Christian Pulisic, Willian dan Pedro yang makin menua, serta Callum Hudson-Odoi yang belum konsisten maka Ziyech bisa jadi amunisi segar untuk Chelsea di musim depan. Penampilannya di lapangan, disebut-sebut mirip-mirip Eden Hazard.




Simak Video "Dijamin Keren, Ini 10 Gol Terbaik Hakim Ziyech"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com