sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 16 Feb 2020 08:15 WIB

Liverpool, Tim Pertama di Eropa yang Lolos ke Liga Champions Musim Depan

Adhi Prasetya - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - JANUARY 14: Mohamed Salah of Liverpool celebrates with team mates after scoring the fourth Liverpool goal during the Premier League match between Liverpool and Manchester City at Anfield on January 14, 2018 in Liverpool, England.  (Photo by Shaun Botterill/Getty Images) Liverpool sudah lolos ke Liga Champions musim depan. Foto: Shaun Botterill/Getty Images
Jakarta -

Kemenangan Liverpool atas Norwich City pada Minggu (16/2) memastikan The Reds sebagai tim pertama di Eropa yang lolos ke Liga Champions musim depan. Bagaimana hitung-hitungannya?

Liverpool menang 1-0 di Carrow Road lewat gol tunggal Sadio Mane. Hasil itu membuat tim asuhan Juergen Klopp mengumpulkan 76 poin dari 26 laga dan bertengger di puncak klasemen sementara Liga Inggris.

[Gambas:Opta]

Seperti diketahui, Manchester City baru saja dihukum larangan main dua musim di kompetisi antarklub Eropa. Meski keputusan itu belum inkrah, namun saat ini bisa dikatakan City keluar dari persaingan.

Dengan asumsi City terus di posisi empat besar hingga akhir musim, maka slot jatah Liga Champions akan diambil peringkat kelima. Saat ini, posisi itu ditempati Sheffield United, yang mengumpulkan 39 poin dari 26 pertandingan.

Jika diasumsikan Sheffield terus meraih kemenangan di 12 laga sisa, maka poin maksimal yang didapat adalah 75, satu poin lebih sedikit dari Liverpool saat ini.

Tunggu, bagaimana dengan Tottenham Hotspur yang ada di peringkat enam? Mereka mengumpulkan 37 poin dari 25 laga. Jika terus menang di 13 laga sisa, apakah mereka bisa menyalip dengan koleksi 76 poin, sama dengan Liverpool saat ini?

Dengan asumsi The Reds kalah terus di 12 laga sisa, besar kemungkinan Liverpool tetap lebih unggul, sebab selisih gol mereka saat ini (+46 gol) lebih baik dari Spurs (+8 gol). Untuk melampauinya, Spurs butuh mencetak banyak gol, disamping Liverpool juga harus kebobolan yang banyak.

Itu artinya, seapes-apesnya Liverpool, jatah bermain di Liga Champions dipastikan tetap mereka dapatkan karena Sheffield dan Spurs tak bisa melangkahi mereka.

Kejadian ini baru pertama kalinya, di mana sebuah tim sudah memastikan lolos ke Liga Champions musim berikutnya di bulan Februari, atau 7 bulan sebelum matchday pertama Liga Champions 2020/21.

Namun sudah jelas hal itu bukanlah incaran utama Liverpool. Saat ini, mereka mengincar trofi juara Liga Inggris yang sudah didambakan 30 tahun lamanya. Secara matematis, mereka hanya butuh 5 kemenangan lagi untuk mengamankan gelar.

Kalau sudah juara, tiket Liga Champions sudah pasti di tangan, kan?



Simak Video "Mampukah Liverpool Samai Rekor Invincible Arsenal?"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com