sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 16 Feb 2020 23:09 WIB

Aston Villa Vs Tottenham: Gol Son di Injury Time Menangkan Spurs 3-2

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
BIRMINGHAM, ENGLAND - FEBRUARY 16: Heung-Min Son of Tottenham Hotspur goes past Bjorn Engels of Aston Villa  during the Premier League match between Aston Villa and Tottenham Hotspur at Villa Park on February 16, 2020 in Birmingham, United Kingdom. (Photo by Michael Regan/Getty Images) Tottenham Hotspur menang 3-2 di markas Aston Villa dalam lanjutan Liga Inggris (Foto: Michael Regan/Getty Images)
Birmingham -

Tottenham Hotspur menang dramatis di markas Aston Villa. Menjalani laga seru, Tottenham menang 3-2 berkat gol Son Heung-min di injury time babak kedua.

Tottenham tandang ke markas Villa di pekan ke-26 Liga Inggris. Bertanding di Villa Park, Minggu (16/2/2020) malam WIB, Tottenham sempat tertinggal lebih dulu setelah Toby Alderweireld mencetak gol bunuh diri di menit kesembilan.

Namun Alderweireld menebus kesalahannya itu dengan bikin gol balasan di menit ke-27. Tottenham kemudian menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1 berkat penalti Son.

Villa kemudian menyamakan skor lewat sundulan Bjorn Engels di awal babak kedua. Saat laga seperti akan berakhir imbang, Son menjebol gawang Villa di menit ke-94 setelah memanfaatkan kesalahan Engels.

Berkat kemenangan ini, Tottenham naik ke peringkat kelima klasemen Liga Inggris dengan 40 poin dari 26 laga, hanya selisih satu poin dari Chelsea yang ada di urutan keempat. Sementara Villa ada di posisi ke-17 atau satu strip di atas zona merah dengan 25 poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan Aston Villa vs Tottenham

Villa sudah membuka keungulan saat pertandingan berjalan sembilan menit. Toby Alderweireld mencetak gol bunuh diri yang membuat Villa memimpin.

Gol ini berawal dari umpan silang Anwar El-Ghazi dari sisi kanan. Alderweireld yang ada di depan gawang mencoba untuk menghalau bola, tapi justru mengarah ke gawang sendiri.

Villa nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-19. Jack Grealish melewati Alderweireld di sisi kiri dan kemudian melepaskan umpan tarik. Douglas Luiz langsung menyambar bola, tapi melambung setelah membentur Ben Davies.

Upaya Tottenham untuk menyamakan skor akhirnya membuahkan hasil di menit ke-27. Alderweireld menebus dosanya dengan mencetak gol balasan untuk Tottenham.

Dari tendangan sudut, bola gagal dihalau pemain Villa dengan sempurna. Sambil memutar badan, Alderweireld yang menerima bola muntah kemudian melepaskan tembakan dari sudut sempit untuk menjebol gawang Villa.

Tottenham melewatkan peluang untuk membalikkan keadaan. Sukses menembus kotak penalti Villa dari sisi kanan, Dele Alli tak mampu mengarahkan tendangannya ke arah gawang. Tembakannya dari sudut sempit melebar ke arah tiang jauh.

Tottenham nyaris unggul di menit ke-42. Davies kerja sama dengan Bergwijn dan kemudian mengoper kepada Alli. Pepe Reina menepis sepakan Alli dan Engels memblok upaya Bergwijn yang memanfaatkan bola muntah.

Tottenham kemudian dapat penalti di injury time babak pertama. Wasit menunjuk titik putih usai VAR memutuskan ada pelanggaran yang dilakukan Engels kepada Bergwijn.

Son maju sebagai eksekutor. Tendangannya ditepis Reina, tapi Son langsung menyambar bola muntah untuk membawa Tottenham membalikkan keadaan. Tottenham memimpin 2-1 saat jeda.


Laga babak kedua berjalan delapan menit, Villa mencetak gol untuk menyamakan kedudukan. Bola tendangan sudut Grealish ditanduk oleh Engels untuk menaklukkan Hugo Lloris.

Peluang untuk Tottenham lagi-lagi terbuang. Umpan silang Aurier dari sisi kanan ditepis Reina dan bola muntah mengarah ke Bergwijn yang bebas di tengah kotak penalti. Dia langsung menyambar bola, tapi diblok oleh pemain Villa.

Tottenham menyerang balik setelah tembakan Grealish diblok oleh Alderweireld. Lucas Moura melakukan penetrasi dan mengoper kepada Alli. Reina meninggalkan posisinya untuk menutup ruang tembak Alli dan memblok bola.

Reina kembali melakukan penyelamatan. Son bergerak dari sisi kiri dan melepaskan tembakan ke arah gawang. Sambil menjatuhkan diri, Reina menepis bola tembakan Son.

Peluang Tottenham lagi-lagi dimentahkan oleh Reina. Tembakan Son menyusul situasi sepak pojok ditepis oleh Reina.

Memasuki menit-menit akhir injury time, Engels justru melakukan blunder. Dia gagal menghentikan bola yang dilepaskan pemain Tottenham.

Bola kemudian justru mengarah ke Son yang dengan leluasa menggiring hingga ke kotak penalti. Dia kemudian dengan tenang melepaskan tembakan ke arah tiang jauh untuk menaklukkan Reina. Laga berakhir dengan skor 3-2 untuk Tottenham.

Susunan Pemain Aston Villa vs Tottenham

[Gambas:Opta]



Simak Video "Chelsea Bungkam Tottenham, London is Blue"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com