sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 22 Feb 2020 21:26 WIB

Chelsea Vs Tottenham: The Blues Menang Tipis

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Chelseas Olivier Giroud, left, and Tottenham Hotspurs Jan Vertonghen fight for the ball during their English Premier League soccer match in London, England, Saturday, Feb. 22, 2020. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth) Olivier Giroud bikin gol, Chelsea mengalahkan Tottenham Hotspur 2-1 (Kirsty Wigglesworth/AP Photo)
London -

Chelsea memperkukuh posisinya di empat besar klasemen Liga Inggris. Ini setelah The Blues mengalahkan Tottenham Hotspur 2-1.

Pada laga di Stamford Bridge, Sabtu (22/2/2020) malam WIB, Chelsea unggul duluan di babak pertama lewat Olivier Giroud. Di awal babak kedua Marcos Alonso menggandakan keunggulan timnya.

Spurs mendapat hadiah hiburan lewat gol bunuh diri Antonio Ruediger di menit ke-88. Tambahan tiga poin membuat Si Biru kukuh di posisi keempat klasemen dengan 44 poin, unggul empat poin dari Spurs di posisi kelima dengan sama-sama sudah bermain 27 kali.

[Gambas:Opta]

Jalannya pertandingan

Chelsea langsung tancap gas sejak menit awal dan tak memberikan kesempatan Spurs mengembangkan permainan. Tapi, Spurs membuat peluang berbahaya pertama di menit ke-10 ketika Steven Bergwijn melepaskan sepakan yang ditepis Willy Caballero.

Dua menit berselang giliran Chelsea melepaskan attempts lewat Marcos Alonso. Bola ditembak ke sudut sempit tapi Hugo Lloris bisa menepisnya.

Chelsea akhirnya unggul pada menit ke-15 setelah gelombang serangan bertubi-tubi. Diawali sepakan Giroud yang ditepis Lloris, bola muntah jatuh di kaki Ross Barkley yang menembak tapi menerpa tiang.

Bola liar kembali jatuh di Giroud yang langsung menembak dengan kaki kirinya ke pojok tanpa bisa dihalau Lloris. Gol tersebut sempat dicek VAR karena ada dugaan Giroud offside saat membangun serangan, tapi akhirnya disahkan.

Chelsea Vs Tottenham: The Blues Menang TipisFoto: Kirsty Wigglesworth/AP Photo



Setelah gol tersebut, Chelsea kian bernafsu membombardir gawang Lloris. Ada peluang juga didapat Alonso di kotak penalti yang dituntaskan dengan sepakan voli kaki kanan tapi masih melayang.

Peluang terbaik Spurs hadir lagi di menit ke-35 ketika korner Giovani Lo Celso disambut tandukan Davinson Sanchez dan bisa ditip Caballero. Semenit setelahnya gawang Chelsea hampir bobol ketika Japhet Tangaga mengejar bola liar hasil miskomunikasi di lini belakang, tapi lajunya terlalu kencang dan berujung goal kick.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.



Chelsea tancap gas sejak babak kedua dimulai dan hasilnya mereka menggandakan keunggulan di menit ke-48 lewat Alonso. Dari sisi kanan, lemparan ke dalam didapat Mason Mount dan berlari menuju kotak penalti.

Dia mengoper kepada Ross Barkley di depan kotak penalti dan langsung diberikan ke sisi kiri. Alonso yang bebas dengan mudah membidik tiang jauh gawang Lloris.

Chelsea Vs Tottenham: The Blues Menang TipisFoto: Kirsty Wigglesworth/AP Photo



Insiden terjadi di pinggir lapangan pada menit ke-52 ketika Lo Celso menginjak tulang kering Cesar Azpilicueta saat hendak menguasai bola. Laga dihentikan karena wasit Michael Oliver melihat VAR.

Beruntun buat Lo Celso, dia lolos dari hukuman kartu merah meski pelanggarannya terbilang berat. Para pemain Chelsea dan fans pun memprotes keputusan VAR itu.

Guna mempertajam lini serang, Spurs memainkan Erik Lamela di menit ke-63 menggantikan Tanguy Ndombele. Pada menit ke-66, Alderweireld punya kans saat menanduk bola sepak pojok tapi bisa diselamatkan Caballero.

Tottenham akhirnya bisa memperkecil skor semenit jelang waktu normal habis. Lamela dan Lucas Moura melakukan umpan 1-2 di depan kotak penalti Chelsea. Lamela memegang bola terakhir dan tembakannya mengenai Antonio Ruediger, sebelum mengecoh Caballero.

Skor 2-1 menutup laga ini.



Susunan pemain

Chelsea: Willy Caballero; Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, Antonio Rudiger; Reece James, Jorginho, Mateo Kovacic, Marcos Alonso; Ross Barkley (Willian 77'), Mason Mount; Olivier Giroud (Tammy Abraham 71').

Tottenham: Hugo Lloris; Davinson Sanchez, Toby Alderweireld (Serge Aurier 78'), Jan Vertonghen; Japhet Tanganga, Tanguy Ndombele, Harry Winks, Giovani Lo Celso, Ben Davies; Lucas Moura, Steven Bergwijn (Dele Alli 78').

(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com