sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 01 Mar 2020 22:58 WIB

Diwarnai Drama VAR, Everton Vs Man United Tuntas 1-1

Okdwitya Karina Sari - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - MARCH 01: Anthony Martial of Manchester United is challenged by Djibril Sidibe and Richarlison of Everton during the Premier League match between Everton FC and Manchester United at Goodison Park on March 01, 2020 in Liverpool, United Kingdom. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images) Manchester United seri 1-1 di kandang Everton. (Foto: Clive Brunskill/Getty Images)
Liverpool -

Tidak ada pemenang dalam pertandingan Everton vs Manchester United setelah laga berakhir sama kuat 1-1. Pertandingan diwarnai drama VAR di akhir injury time.

Pada pertandingan di Goodison Park, Minggu (1/3/2020) malam WIB, MU dikejutkan dengan gol kilat Everton di menit ketiga. Dominic Calvert-Lewin memanfaatkan kesalahan David de Gea sedangkan gol balasan MU terlahir dari kaki Bruno Fernandes di menit ke-31.

Di pengujung pertandingan, Everton sesungguhnya mencetak gol kemenangan setelah bola yang mengenai Harry Maguire masuk ke gawang MU. Namun, gol itu dianulir setelah ditinjau dengan VAR.

Dengan hasil ini, MU masih di peringkat kelima klasemen Liga Inggris usai mengantongi 42 poin hasil 28 pertandingan tertinggal tiga poin dari Chelsea di empat besar. Sementara Everton terpaku di peringkat 11 dengan perolehan 37 poin.


Jalannya Pertandingan

Saat laga baru bergulir kurang dari tiga menit, Man United kebobolan sehingga Everton memimpin 1-0. Gol tersebut tercipta karena kecerobohan David de Gea.

Dari situasi tendangan gawang, sepakan De Gea mengarah kepada Dominic Calvert-Lewin lalu bola masuk ke gawang MU.

Hanya dua menit berselang gawang MU hampir kemasukan lagi. Serangan balik Everton membebaskan Calvert-Lewin yang diteruskan dengan sepakan ke arah tiang jauh tapi bisa diselamatkkan De Gea.

MU keluar dari tekanan untuk berbalik mengancam. Di menit ketujuh, tembakan melengkung Nemanja Matic dari luar kotak penalti menghantam mistar gawang Everton.

Sepakan Matic dari jarak jauh kembali membahayakan Everton. Namun, Jordan Pickford masih sanggup menepis bola sebelum disapu Mason Holgate.

Selanjutnya MU mendominasi penguasan bola, tapi pertahanan Everton belum dapat dibongkar.

Kesabaran MU akhirnya membuahkan hasil. Di menit ke-31, MU menyamakan skor menjadi 1-1, setelah Bruno Fernandes menciptakan gol balasan.

Dari operan Matic di sisi kanan pertahanan Everton, Fernandes menyelesaikan dengan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti yang meluncur deras tanpa bisa dihentikan Pickford.

Terjadi keributan kecil di tengah lapangan, menyusul terjangan keras Tom Davies kepada Luke Shaw.

Menjelang turun minum, Everton kembali mengancam. Crossing dari sayap kanan diteruskan Richarlison dengan sundulan, bola melebar tipis.

Usai turun minum, Everton menciptakan peluang emas pertama lewat set-piece. Di menit ke-58, tembakan Gylfi Sigurdsson menghantam tiang gawang MU.

Pelanggaran Fred memaksa wasit menghadiahkan tendangan bebas pada Everton di posisi yang berbahaya. Namun, eksekusi Sigurdsson cuma mengenai pagar hidup pemain MU.

Untuk menambah kreativitas, MU memasukkan Odion Ighalo dan Juan Mata. Namun, aliran serangan-serangannya masih buntu.

MU nyaris mencetak gol keduanya di menit-menit akhir. Namun, Pickford membuat dua penyelamatan gemilang untuk menggagalkan sepakan Fernandes dan Ighalo dari jarak dekat.

Everton nyaris mematahkan hati MU setelah mencetak gol di injury time. Namun, setelah melakukan tinjauan VAR wasit menganulir gol itu karena dianggap offside.


Susunan Pemain

[Gambas:Opta]



Simak Video "Manchester United Takluk dari Crystal Palace 1-3 "
[Gambas:Video 20detik]
(rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com