sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 19 Mar 2020 11:35 WIB

Demi Integritas, Liga Inggris Musim Ini Harus Diselesaikan!

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - MARCH 07: Sadio Mane of Liverpool celebrates with Mohamed Salah and Roberto Firmino after scoring his teams second goal during the Premier League match between Liverpool FC and AFC Bournemouth  at Anfield on March 07, 2020 in Liverpool, United Kingdom. (Photo by Jan Kruger/Getty Images) Liverpool di ambang juara Liga Inggris musim ini. (Foto: Getty Images/Jan Kruger)
Jakarta -

Liga Inggris dalam status ditangguhkan saat ini menyusul serangan virus corona. Salah satu opsi yang diyakini ada ialah membatalkan kompetisi.

Premier League kini dihentikan sementara sampai 4 April akibat mewabahnya virus corona. Empat liga top Eropa lainnya, yakni LaLiga, Serie A, Bundesliga, dan Ligue 1 juga telah disetop akibat kasus yang sama.

Kabarnya ada sejumlah opsi yang muncul sebagai solusi permasalahan virus yang belum diketahui kapan akan berakhir ini. Misalnya, menetapkan klasemen saat ini sebagai klasemen akhir, atau malah membatalkan kompetisi sepenuhnya.

Awalnya, agenda Piala Eropa 2020 di bulan Juni cukup membatasi opsi untuk liga-liga domestik. Namun dengan kini UEFA memastikan Piala Eropa ditunda hingga 2021, maka ada kelonggaran waktu untuk mencoba menyelesaikan liga.

Kelanjutan Liga Inggris musim ini diperkirakan akan menemui kejelasan usai rapat darurat Premier League pada Kamis (19/3/2020) ini. Eks kapten Liverpool Phil Thompson berharap prioritas mereka kini adalah menyelesaikan kompetisi bagaimanapun caranya.

"Banyak orang akan cukup menikmati kalau musim tidak diselesaikan, tapi jelas bukan fan Liverpool, termasuk saya. Tapi ada hal-hal yang lebih penting dari itu, terutama integritas dari Liga Inggris dan Premier League," ungkapnya dikutip Sky Sports.

"Kalau musim dibatalkan, siapa yang terdegradasi, siapa yang akan bermain di Liga Champions musim depan? Ada begitu banyak masalah untuk diselesaikan dan cara terbaik untuk mengatasinya adalah menghadirkan formula terkait bagaimana menyelesaikan musim, berapapun lamanya waktu yang dibutuhkan."

"Saya berharap bahwa prioritas tertinggi agenda (pertemuan hari Kamis) adalah kata-kata 'Kita perlu menyelesaikan liga', dan klub-klub diberi tahu untuk mengungkapkan ide-ide mereka. Memang ada hal-hal lain untuk didiskusikan juga, tapi itu seharusnya jadi perhatian utama."

"UEFA baru saja menunda Piala Eropa 2020, yang membuka segala sesuatunya agar liga bisa diselesaikan. Dan saya berharap bahwa penyelesaian liga akan jadi target utama Premier League," tandasnya.

Liverpool saat ini memimpin klasemen Liga Inggris dengan 82 poin, 25 poin di depan Manchester City di urutan kedua. 'Si Merah' cuma butuh dua kemenangan lagi untuk mengunci titel Premier League pertama dalam sejarah mereka.



Simak Video "Liverpool Cukur Crystal Palace 4 Gol Tanpa Balas"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com