sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 01 Apr 2020 20:40 WIB

Mungkin Begini Klasemen Akhir Liga Inggris jika Musim Tak Tertunda

Kris Fathoni W - detikSport
BRIGHTON, ENGLAND - AUGUST 12:  The Premier League trophy is displayed inside the stadium before the Premier League match between Brighton and Hove Albion and Manchester City at Amex Stadium on August 12, 2017 in Brighton, England.  (Photo by Dan Istitene/Getty Images) Mungkin Begini Klasemen Akhir Liga Inggris jika Musim Tak Tertunda. (Foto: Dan Istitene/Getty Images)
Jakarta -

Menggunakan kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI), tim di Opta memprediksi bagaimana klasemen akhir Liga Inggris Premier League jika saja musim berjalan normal alias tak tertunda.

Pandemi virus Corona membuat liga-liga top Eropa, termasuk di Inggris, sudah ditangguhkan. Di Premier League sejauh ini, klub-klub sudah memainkan 28 atau 29 pertandingan.

Belum pasti kapan musim bisa lanjut lagi, bahkan ada pula yang sudah meragukan musim ini bisa dituntaskan. Terkait itu, tim StatsPerform AI sudah mencoba mensimulasikan bagaimana perjalanan sisa musim.

Disebutkan, prediksi ini didasarkan pada sejumlah aspek. Mulai dari probabilitas hasil (menang, seri, kalah) merujuk pada kualitas ofensis dan defensif masing-masing tim, yang didasarkan pada hasil empat tahun terakhir khususnya hasil-hasil teranyar.

Model ini juga mempertimbangkan kualitas tim lawan yang dihadapi, termasuk keberhasilan bikin gol atau kebobolan. Demi menghasilkan prediksi seakurat mungkin, simulasi itu pun dilakukan tak kurang dari 10 ribu kali pada masing-masing tim.

Jadi bagaimana klasemen Liga Inggris menurut hasil simulasi kecerdasan buatan itu? Simak di halaman berikutnya, beserta potensi statistik yang lahir dari prediksi tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com