sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 02 Apr 2020 19:20 WIB

Taktik Transfer ala Sir Alex Direplikasi Guardiola?

Putra Rusdi K - detikSport
MANCHESTER, ENGLAND - MAY 12:  Manchester United Manager Sir Alex Ferguson celebrates with the Premier League trophy following the Barclays Premier League match between Manchester United and Swansea City at Old Trafford on May 12, 2013 in Manchester, England.  (Photo by Alex Livesey/Getty Images) Gary Neville menilai kebijakan transfer Sir Alex Ferguson begitu mirip dengan Pep Guardiola Foto: (Getty Images/Alex Livesey)
Manchester -

Gary Neville menilai kebijakan Sir Alex Ferguson kala melatih mirip dengan Pep Guardiola saat ini. Taktik transfer yang jitu jadi kunci kesuksesan keduanya.

Ferguson menjadi manajer tersukses Manchester United dengan raihan 13 gelar Liga Inggris dan dua gelar Liga Champions. Pria asal Skotlandia ini meraih kesuksesan itu dalam masa kepemimpinanya selama 25 tahun (1986-2013) di Old Trafford.

Neville salah satu pemain yang merasakan masa jaya MU di bawah Ferguson. Diorbitkan dari akademi The Red Devils pada 1992, Neville merasakan tangan dingin Ferguson selama 19 tahun hingga pria kelahiran Bury ini pensiun 2011.

Bekerja sama hampir dua dekade dengan Ferguson, membuat Neville paham betul bagaimana cara pria yang akrab disapa Fergie ini membangun tim yang kuat. Kebijakan transfer yang jitu menjadi salah satu kunci kesuksesan mantan pelatih Aberdeen di Old Trafford.

Ia menilai taktik transfer Ferguson mirip dengan apa yang diterapkan oleh Guardiola di Manchester City saat ini. Ia jarang membeli bintang yang sudah matang dan berani menyingkirkan para pemain pembangkang.

"Dia sangat jarang membeli pemain bintang yang benar-benar sudah matang. Itu tak jauh berbeda dengan taktik Guardiola dengan Manchester City saat ini," ujar Neville dikutip dari Manchester Evening News.

"Dalam hal menjual pemain, dia akan menyingkirkan para pemain yang sudah tak cukup baik dan meragukan kendalinya di tim. Dia kejam dalam hal itu. Dalam setiap pembicaraan, ia menekankan tentang kontrol, wewenangnya, dan disiplin," jelasnya.

Ferguson juga tak pernah merombak timnya secara drastis. Neville menganalogikan kebijakan ini seperti conveyor yang bergerak lambat.

"Strategi United seperti conveyor yang sangat lambat. Beberapa akan masuk, dan beberapa akan pergi. Tidak pernah lebih dari separuh setiap musimnya. Jadi, tidak perlu adaptasi yang terlalu sulit," ujar mantan kapten MU ini menambahkan

"Itu benar-benar dikontrol dengan tim berisi enam atau tujuh pemain muda, 10 di usia matang, dan tiga atau empat yang berusia 30-an. Setiap tim yang membangun dinasti memiliki stabilitas seperti ini."



Simak Video "Gol-gol Man United yang Pecundangi Man City"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com