sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 08 Apr 2020 06:00 WIB

Ngeri! Ini Dia Daftar Latihan Son Selama Wajib Militer

Mohammad Resha Pratama - detikSport
LONDON, ENGLAND - FEBRUARY 05: Heung-Min Son of Tottenham Hotspur reacts during the FA Cup Fourth Round Replay match between Tottenham Hotspur and Southampton FC at Tottenham Hotspur Stadium on February 05, 2020 in London, England. (Photo by James Chance/Getty Images) Son Heung-min jalani latihan berat selama wajib militer (James Chance/Getty Images)
Seoul -

Libur kompetisi karena pandemi corona bukan berarti Son Heung-min bisa bersantai-santai. Sebab, Son harus menghadapi pertarungan berat selama wajib militer.

Liga Inggris bersama kompetisi Eropa lainnya tengah ditangguhkan karena penyebaran COVID-19 yang begitu masif saat ini. Son yang menjalani pemulihan cedera patah lengan sebenarnya bisa lebih fokus.

Tapi, Son malah memilih pulang ke Korea Selatan untuk memenuhi kewajiban militer sebagai amanat negara untuk para pemuda yang sudah berusia dewasa. Meski Son mendapat kompensasi usai membawa Korsel meraih medali emas Asian Games 2018, tapi dia tidak mau mangkir.

Son akan berangkat ke Pulau Jeju pada 20 April untuk menjalani wajib militer selama empat pekan. Ketika dikonfirmasi kepada Military Manpower Administration (MMA) atau semacam bagian Administrasi Wajib Militer, tidak disebutkan di mana dan kapan Son akan melakukan wamil.

Meski demikian informasi yang didapat dari pejabat di Angkatan Laut Korsel menyebut Son akan menerima kursus singkat mengenai militer yang terdiri dari teknik dasar seperti edukasi kedisiplinan, teknik bertarung, dan latihan ekstrim lain seperti menghadapi gas air mata, latihan menembak, dan lari pawai 30 KM sebagai penutup.



Son juga akan mendapat pelatihan paling berat yakni terkait bahan kimia, biologi, radiologi, dan nuklir (CBRN). Sebuah video yang diunggah oleh MMA di Youtube memperlihatkan bahwa para peserta wamil akan dilatih ketahanan berada di dalam ruangan yang diberi gas air mata.

"Begitu Anda terjun ke militer, Anda harus mampu menembakkan senjata, bernapas di dalam kepungan gas, dan ikut dalam peperangan, berguling, serta merangkak," ujar pejabat militer Korsel kepada Reuters.

"Saat baris-berbaris nanti, para calon rekrutan tentara nanti akan membawa perlengkapan seberat 40 kg, tapi bisa saja lebih ringan karena tergantung pada jenis program.:"

Sebelum menjalani latihan berat, para peserta akan dicek temperatur secara berkala serta kondisi kesehatan. Bahkan para peserta diminta menjaga jarak selama latihan demi menghindari kemungkinan tertular virus corona.

Son kemungkinan akan ditemani dokter pribadi karena masih dalam pemulihan cedera patah tangan.



Simak Video "Son Heung-Min Pemain 'Terkotor' di Liga Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com