sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 08 Apr 2020 12:21 WIB

Masuk ke Kamar Gas Air Mata, 'Siksaan' buat Son Heung-min

Afif Farhan - detikSport
Son Heung-Min Masuk ke Kamar Gas Air Mata, 'Siksaan' buat Son Heung-min (Getty Images/Naomi Baker)
Seoul -

Pemain Tottenham Hotspur, Son Heung-min akan menjalani wajib militer di negaranya Korea Selatan. Ada kamar gas air mata yang bakal jadi 'siksaan' buatnya.

Liga Inggris bersama kompetisi Eropa lainnya tengah ditangguhkan karena penyebaran Covid-19 yang begitu masif saat ini. Son yang menjalani pemulihan cedera patah lengan sebenarnya bisa lebih fokus.

Tapi, Son malah memilih pulang ke Korea Selatan untuk memenuhi kewajiban militer sebagai amanat negara untuk para pemuda yang sudah berusia dewasa. Meski Son mendapat kompensasi usai membawa Korsel meraih medali emas Asian Games 2018, tapi dia tidak mau mangkir.

Son akan berangkat ke Pulau Jeju pada 20 April untuk menjalani wajib militer selama empat pekan. Ketika dikonfirmasi kepada Military Manpower Administration (MMA) atau semacam bagian Administrasi Wajib Militer, tidak disebutkan di mana dan kapan Son akan melakukan wamil.



Beberapa latihan berat akan dijalani Son Heung-min. Salah satunya yang dinilai paling berat adalah masuk ke kamar gas air mata!

Dirangkum detikSport dari berbagai sumber, kamar gas air mata merupakan salah satu pelatihan dasar calon tentara di seluruh negara. Sebelum masuk, para calon tentara akan menggenakan masker khusus.

Barulah kemudian, mereka semua masuk ke dalam kamar gas air mata. Ruangannya penuh gas Ortho-Chlorobenzylidene Malononitrile (CS) alias si gas air mata.



Selama di dalam ruangan, para calon tentara diharuskan tetap berteriak, menggeleng-gelengkan kepala, dan melonggarkan maskernya. Hal terakhir dilakukan agar calon tentara bisa merasakan langsung betapa perihnya gas air mata.

Efek dari gas air mata adalah para calon tentara akan merasakan pusing, mual, hingga batuk-batuk. Kemudian setelah sekitar 30 menit di dalam kamar gas air mata, barulah mereka keluar untuk belari dan kembali menghirup udara segar.

Pelatihan masuk ke kamar gas air mata bertujuan supaya para tentara terbiasa menghadapi situasi di lapangan khususnya dalam ancaman pertahanan CBRN (Chemical, Biological, Radiation, Nuclear) yang merupakan serangan senjata kimia.



Simak Video "Kalah dari Everton, Mourinho ke Tottenham: Jangan Nangis!"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com