Jika Liga Inggris Dibatalkan, Brighton: Liverpool Juara, Tak Ada Degradasi

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Minggu, 19 Apr 2020 12:15 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - NOVEMBER 30:  Virgil van Dijk (R) of Liverpool scores his teams second goal with header during the Premier League match between Liverpool FC and Brighton & Hove Albion at Anfield on November 30, 2019 in Liverpool, United Kingdom. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images)
Brighton menilai Liverpool pantas juara Liga Inggris jika kompetisi dihentikan (Clive Mason/Getty Images)
Brighton -

Brighton and Holve Albion tak masalah jika Liga Inggris dibatalkan. Tapi, Liverpool harus dinobatkan sebagai juara dan tidak ada tim yang degradasi.

Liga Inggris bersama liga-liga top Eropa lainnya tengah ditangguhkan karena pandemi virus corona. Sampai saat ini belum diketahui kapan kompetisi akan bergulir mengingat penyebaran virus itu masih masif terutama di Benua Biru.

Oleh karenanya klub-klub Liga Inggris dan operator kompetisi terus berdiskusi terkait opsi-opsi yang ada untuk kelanjutan musim 2019/2020. Pasalnya musim tinggal menyisakan 9-10 pertandingan.

Opsi paling mudah adalah membatalkan musim sehingga klub serta pemain bisa fokus menata lagi persiapan untuk musim depan, terutama dari sisi finansial. Tapi, tidak adil untuk Liverpool yang cuma berjarak dua laga menuju titel Premier League pertama lainnya.



Selain itu klub-klub yang kini berada di zona merah seperti Norwich City, Aston Villa, dan Bournemouth harus terdegradasi tanpa perlawanan sama sekali. Maka klub-klub masih bertekad untuk meneruskan musim hingga selesai.

Apalagi ada nilai kontrak besar terkait hak siar yang bisa membantu klub-klub bertahan di tengah badai corona ini. Tapi, jika memang pahitnya musim tidak dilanjutkan, maka harus ada juara serta siapa saja tim yang lolos ke kompetisi Eropa.

Liverpool dianggap pantas menerima gelar juara itu sementara untuk degradasi ditiadakan. Itulah pendapat Pemilik Brighton Tony Bloom.



"Saya rasa jika musim tidak dilanjutkan, maka tidak ada tim yang pantas degradasi jika melihat aturan poin per gim," ujar Bloom seperti dikutip Daily Mail.

"Bakal ada hitungan yang tidak pas jika mereka tidak bisa menuntaskan musim, mungkin akan kehilangan 0,2 poin dari sistem ini," sambungnya.

"Hitungan itu juga tidak melibatkan kekuatan tim yang belum dilawan. Anda boleh menahbiskan Liverpool sebagai juaranya, mereka pantas mendapatkannya. Lalu, hitungan itu bisa digunakan untuk menentukan tim yang lolos ke Eropa. Tapi, saya rasa tidak mungkin untuk degradasi karena butuh 70 persen suara setuju."



Simak Video "Deretan Meme Kocak MU Babak Belur Dibantai Liverpool"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/mrp)