sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 28 Apr 2020 23:30 WIB

Awas Henry, De Bruyne Mengincar Rekor Assistmu

Mohammad Resha Pratama - detikSport
MANCHESTER, ENGLAND - DECEMBER 29:  Kevin De Bruyne of Manchester City reacts during the Premier League match between Manchester City and Sheffield United at Etihad Stadium on December 29, 2019 in Manchester, United Kingdom. (Photo by Alex Livesey/Getty Images) Kevin De Bruyne bertekad memecahkan rekor assist Thierry Henry di Premier League (Alex Livesey/Getty Images)
Manchester -

Kevin De Bruyne mungkin berharap Liga Inggris bisa dilanjutkan. Sebab ada rekor Thierry Henry yang mau dipecahkan olehnya. Rekor apa?

Henry sampai saat ini masih jadi pemain dengan rekor assist terbanyak dalam semusim Premier League, yakni 20 pada musim 2002/2003. Henry saat itu luar biasa sekali, tak cuma piawai bikin gol tapi juga assist.

Catatan 20 assist itu belum bisa dipecahkan oleh pemain manapun sampai saat ini. Catatan terdekat adalah 19 assist milik Mesut Oezil pada 2015/2016 serta De Bruyne di 2016/2017, lalu Frank Lampard di 2004/2005, dan Cesc Fabregas di 2014/2015 dengan 18 assist.

Rekor Henry yang bertahan hampir dua dekade itu bisa saja pecah di musim 2019/2020 ini. Sebab, De Bruyne sebagai pemimpin daftar assist sudah membuat 16 dari 28 pekan berlalu.

Dengan pertandingan masih menyisakan 9-10 pekan lagi, maka ada kemungkinan gelandang Manchester City itu bisa memecahkan rekor Henry itu. Dengan syarat, Liga Inggris boleh dihelat lagi setelah kini ditangguhkan karena pandemi virus corona.


Soal rekor assist Henry, De Bruyne pernah membahas dengan pemain Prancis itu secara langsung di timnas Belgia. Kebetulan Henry sempat menjabat asisten pelatih Roberto Martinez.

"Jujur saja, saya sih merasa sudah bikin 17 assist - saya tahu ada satu assist saya di kandang Arsenal yang dibatalkan," ujar De Bruyne seperti dikutip Sportskeeda.

"Saya masih belum paham kenapa mereka melakukannya, saya tidak mengerti," sambungnya.



"Saya selalu bercanda dengannya di timnas, bahkan di laga testimonial untuk Vincent Kompany tahun ini. Saya menghampirinya dan bilang 'Saya akan pecahkan rekormu musim ini'."

"Menyenangkan bisa membuat 16 assist dan itu membuktikan betapa pentingya itu sebagai pemain kreatif. Tapi, jika gagal maka ya sudahlah."

"Anda tentu merasa bangga jika bisa memecahkan rekor karena saya sudah mendapatkannya di Jerman. Akan menyenangkan jika Anda bisa memecahkan rekor lainnya," tutupnya.



Simak Video "De Bruyne Gelandang Terbaik UEFA, Patahkan Dominasi Bayern"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com