sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 30 Apr 2020 09:00 WIB

MU Sediakan Tribun Berdiri di Old Trafford pada Musim Depan

Adhi Prasetya - detikSport
MANCHESTER, ENGLAND - FEBRUARY 28: A general view outside Old Trafford prior to the FA Youth Cup: Sixth Round match between Manchester United and Wigan Athletic at Old Trafford on February 28, 2020 in Manchester, England. (Photo by Charlotte Tattersall/Getty Images) MU akan menyediakan tirbun berdiri di Old Trafford pada musim depan. Foto: Getty Images/Charlotte Tattersall
Manchester -

Tribun berdiri sempat lama dilarang di sepakbola Inggris. Namun sensasi merasakan hal tersebut kembali hadir di Old Trafford pada musim depan.

Diberitakan oleh sejumlah media Inggris, otoritas setempat telah mengizinkan Manchester United untuk melakukan hal tersebut di kandang mereka. Sebanyak 1.500 barrier seat akan dipasang di sudut timur laut stadion.

Tribun ini sebetulnya tak jauh berbeda dengan yang biasa. Masih ada kursi yang bisa diduduki suporter.

Namun di depan kursi disediakan palang pembatas dengan kursi di depannya, sehingga penonton yang duduk di sana bisa bebas berdiri sepanjang pertandingan.

Tribun berdiri dengan barrier seat di Stadion Molineux, Wolverhampton.Tribun berdiri dengan barrier seat di Stadion Molineux, Wolverhampton. Foto: Getty Images/David Rogers
Old Trafford sebelumnya hanya memiliki tribun duduk seperti ini.Old Trafford sebelumnya hanya memiliki tribun duduk seperti ini. Foto: Getty Images/Alex Morton

"Mungkin aneh rasanya membicarakan rencana stadion ini pada masa-masa sullit sekarang ini, namun sepakbola dan fans kami akan kembali saat kondisi pandemi sudah berakhir, dan persiapan kami akan hal ini harus terus berlanjut," ujar Managing Director MU, Richard Arnold, dikutip Sky Sports.

"Pengumuman ini adalah langkah terbaru dalam perjalanan kami bersama para suporter."

"Kami mendengar saran mereka, terutama perwakilan Manchester United Supporters' Trust (MUST), lalu bekerja sama dengan dewan wilayah Trafford untuk mengembangkan dan meloloskan proposal ini."

"Kami yakin pengenalan barrier seat akan meningkatkan keamanan suporter di stadion, seperti yang telah dicontohkan klub lain," jelasnya.

MUST pun mengapresiasi langkah awal ini. Apalagi usulan ini sudah bertahun-tahun diberikan.

"Kami senang pihak klub telah memberikan lampu hijau untuk melakukan ujicoba barrier seat di Old Trafford," tulis pernyataan MUST.

"Meski pihak klub yang mengajukan ujicoba, namun itu adalah upaya kami selama tiga dekade terakhir, sejak diterapkan all-seater regulations," jelas MUST.

Sejak kasus tragedi Hillsborough pada 1989, Liga Inggris memang melarang adanya tribun berdiri di stadion. Namun aturan ini perlahan dilonggarkan dengan syarat keamanan yang ketat.

Wolverhampton Wanderers dan Tottenham Hotspur diketahui merupakan dua klub Inggris yang sudah mulai mengenalkan kembali barrier seat beberapa waktu lalu.



Simak Video "MU Tampil Apik, Anthony Martial Jadi Bintang Kemenangan"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com