sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 13 Mei 2020 06:10 WIB

Dampak Besar Van Dijk di Ruang Ganti Liverpool

Okdwitya Karina Sari - detikSport
MADRID, SPAIN - JUNE 01: Virgil van Dijk celebrates with teammate Jordan Henderson of Liverpool following the UEFA Champions League Final between Tottenham Hotspur and Liverpool at Estadio Wanda Metropolitano on June 01, 2019 in Madrid, Spain. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images) Bek tengah Liverpool Virgil van Dijk disebut memiliki pengaruh besar di ruang ganti. (Foto: Getty Images/Laurence Griffiths)
Liverpool -

Virgil van Dijk menjadi salah satu kunci sukses Liverpool dalam beberapa musim terakhir. Tidak hanya itu, di ruang ganti pun Van Dijk menciptakan dampak besar.

Bek tengah Liverpool itu bergabung dari Southampton senilai 75 juta paun pada bursa transfer musim dingin 2017. Di setengah musim pertama, Van Dijk membantu The Reds mencapai final Liga Champions.

Setelahnya kesolidan Van Dijk di lini belakang mengantarkan Liverpool memenangi Liga Champions musim lalu. Si Merah pun sukses finis runner-up Liga Inggris usai memberi perlawanan sengit kepada juara bertahan Manchester City sampai pekan terakhir.

Di level individu, Van Dijk diganjar penghargaan Pemain Terbaik PFA dan finis kedua di Ballon d'Or serta Pemain Terbaik FIFA 2019. Sedangkan di musim ini, Van Dijk berpengaruh besar dalam laju kencang Liverpool di liga sehingga di ambang titel juara pertama dalam 30 tahun.

"Apa sih yang tidak dia bawa? Aku tidak bisa berbicara lebih tinggi tentang dia sebagai seorang pemain," kata gelandang dan kapten Liverpool Jordan Henderson kepada BT Sport. "Sudah tentu, semua orang tahu seberapa hebat dia dan apa yang sudah dia lakukan selama beberapa tahun terakhir sebagai sebuah tim."

"Dia sudah memenangi penghargaan-penghargaan individu dan itu pantas. Dia adalah bek yang luar biasa, seorang pemain yang luar biasa. Tapi bagiku, dia membawa sesuatu yang besar di luar lapangan."

"Aku tidak bisa berbicara lebih tinggi lagi tentang dia di luar lapangan dan orang seperti apa dia. Dia itu luar biasa, seorang pemimpin yang hebat untuk dimiliki di ruang ganti dan dia telah memberikan dorongan yang besar bagi semua orang dari menit pertama dia datang," ungkap kapten Liverpool ini.

"Setiap hari menyenangkan berada di dekat dia, [dia] selalu tersenyum dalam pola pikir yang bagus dan dia punya dampak besar di ruang ganti dan di atas lapangan sejak dia bergabung dengan klub. Dia melakukan banyak hal dengan baik, yang patut dicontoh dan aku gembira untuk dia [dengan] bagaimana performa dia dan mendapatkan semua penghargaan itu karena itu memang pantas dan dia layak mendapatkan segala yang dia dapat sekarang."



Simak Video "Kata Van Dijk Mengapa Liverpool Sulit Dibobol"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com