ADVERTISEMENT

Pensiun Lalu Main Lagi, Paul Scholes Sempat Diejek Karena Pakai Sepatu KW

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 14 Mei 2020 03:30 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - JANUARY 08:  Paul Scholes of Manchester United comes on as a substitute during the FA Cup Third Round match between Manchester City and Manchester United at the Etihad Stadium on January 8, 2012 in Manchester, England.  (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Scholes masuk menggantikan Nani di laga comeback-nya dari masa pensiun. Foto: Getty Images/Laurence Griffiths
Jakarta -

Paul Scholes sempat pensiun namun bermain lagi bersama Manchester United. Ada kisah menarik dibalik kembalinya legenda Setan Merah itu ke lapangan hijau.

Scholes gantung sepatu pada akhir musim 2010/11, usai berkarier profesional selama 18 musim. Namun di paruh musim berikutnya, Sir Alex Ferguson memintanya kembali bermain.

MU tengah dilanda krisis cedera di lapangan tengah. Mereka juga sudah tersingkir dari fase grup Liga Champions, tersingkir di Piala Liga Inggris, dan berada di posisi kedua klasemen sementara Liga Inggris di bawah rival sekota, Manchester City.

Scholes menerima permintaan bosnya itu. Ia kembali mempersiapkan diri, salah satunya dengan membeli sepatu baru. Laga melawan Manchester City di Piala FA pada 8 Januari 2012 akan menjadi pengumuman comeback-nya.

"Saya membeli sepasang sepatu, harganya kalau tak salah sekitar 50 paun," cerita Scholes dalam acara BBC Radio Five Live.

"Modelnya seperti yang dulu suka dipakai orang-orang. Pola dan warnanya pun sama, tapi rasanya saat itu saya membeli yang murahan. Saya baru menyadarinya saat melakukan pemanasan di lapangan."

"Saya tak bisa mendapat sepatu dari Nike, mereka tak bisa mengirim sepatu untuk saya karena saat itu tak boleh ada yang tahu saya akan main lagi sampai nama saya diumumkan dalam skuad melawan City di Piala FA."

"Lalu saya pun memakai sepatu tersebut, dan saya pikir sepatunya bagus. Harganya 50 paun, jadi harusnya berkualitas," lanjut Scholes.

Pemain kelahiran Salford itu lalu berlatih dengan sepatu itu. Namun di tengah sesi pemanasan, sepatunya disindir Jonny Evans. Bek MU itu tahu bahwa yang dibeli Scholes rupanya sepatu kelas KW.

'Saya mulai pemanasan dan Jonny Evans melihat sepatu saya dan bilang, 'kamu beli sepatu KW?' lalu saya balas 'apa maksudnya KW, memang ada yang salah dengan sepatu ini?' Rupanya sepatu saya bahannya dari plastik. Tapi saat itu sih oke-oke saja," ujar Scholes.

Evans (nomor 6) berlatih di samping Scholes dan menyadari bahwa sepatu rekannya itu jenis tiruan.Evans (6) berlatih di samping Scholes (22) dan menyadari bahwa sepatu rekannya itu jenis tiruan. Foto: Getty Images/Laurence Griffiths

Laga comeback itu tak berjalan mulus bagi Scholes. Dengan sepatu KW-nya, ia sempat membuat error yang berujung gol bagi City.

"Laga itu berjalan buruk bagi saya. Saat saya masuk ke lapangan, MU sedang unggul 3-0 atas City. Mereka bermain 10 orang, Vincent Kompany sudah diusir wasit. Lalu saya masuk dan lima menit kemudian skornya jadi 3-2," kata Scholes.

"Saya merusak permainan. Saya sempat berpikir, 'sedang apa saya di sini, kok main lagi, saya ini mikir apa sih?' Tapi sisa musim itu akhirnya berjalan baik bagi saya. Meski musim itu kami gagal juara liga tapi musim berikutnya kami menang," tutupnya.

Usai kembali merumput, Scholes membela MU selama 1,5 musim dan meraih trofi Liga Inggris di musim 2012/13, sebelum akhirnya benar-benar pensiun dari MU.



Simak Video "Apple Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/bay)

ADVERTISEMENT