sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 02 Jun 2020 18:03 WIB

Suksesnya Liverpool Saat Ini berkat Juergen Klopp

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Soccer Football - Premier League - Liverpool v Manchester United - Anfield, Liverpool, Britain - December 16, 2018  Liverpool manager Juergen Klopp celebrates with Andrew Robertson at the end of the match   Action Images via Reuters/Carl Recine  EDITORIAL USE ONLY. No use with unauthorized audio, video, data, fixture lists, club/league logos or Andy Robertson mengatakan kesuksesan Liverpool karena Juergen Klopp. (Foto: Carl Recine/Reuters)
Liverpool -

Andy Robertson menyebut Juergen Klopp sebagai sosok ayah bagi skuad Liverpool. Klopp berpengaruh besar pada kesuksesan Liverpool dalam beberapa musim terakhir.

Manajer asal Jerman itu bergabung Liverpool pada Oktober 2015. Meski di setengah musim pertamanya Si Merah hanya finis kedelapan di Liga Inggris, tapi Klopp memimpin pasukannya menjejak dua final: Piala Liga Inggris dan Liga Europa sekalipun finis sebagai runner-up.

Kemajuan Liverpool bersama Klopp terlihat mulai musim 2016/2017 saat berhasil kembali ke papan atas dengan finis keempat. Kemudian, The Reds mempertahankan posisi tersebut semusim kemudian sembari mencapai final Liga Champions pertamanya sejak juara pada 2005.

Pada 2018/2019, Liverpool kembali ke final Liga Champions lagi namun kali ini sukses menjadi kampiun dan finis runner-up Premier League, posisi terbaik dalam lima musim. Sedangkan di musim ini, Klopp di ambang membawa Liverpool menyudahi puasa gelar juara liga dalam 30 tahun usai unggul jauh dari rival terdekat, Manchester City.

Robertson merupakan salah satu rekrutan Klopp yang berhasil. Sejak hijrah dari Hull City ke Merseyside pada 2017, bek kiri asal Skotlandia itu sudah membuat lebih dari 100 penampilan dengan sumbangan 25 assist dan tiga gol.

"Dia adalah sosok ayah di tempat latihan ini, kelompok pemuda-pemuda ini, dan dia di sini untuk kami di setiap suasana, apakah di dalam lapangan atau di luar lapangan," ungkap Robertson kepada Sky Sports.

"Itulah mengapa kami begitu sukses sekarang. Itu karena dia, dan semoga hal ini akan berlangsung lama."

"Aku tahu ini soal kerja keras, dan dia adalah manajerku. Tapi kami lebih daripada itu, kami di sini seperti keluarga dan itulah mengapa kami begitu sukses."



Simak Video "Liverpool Sudah Juara, Saatnya Klopp ke Timnas Jerman"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com