sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 09 Jun 2020 11:02 WIB

Pemain Liga Inggris Mau Enggak Ganti Salaman dengan Berlutut?

Kris Fathoni W - detikSport
Liverpool Berlutut Dukung Aksi Protes Kematian George Floyd Skuad Liverpool berlutut dukung aksi protes kematian George Floyd. (Foto: LFCTV)
Jakarta -

Prosesi salaman antarpemain tak bisa dilakukan di tengah pandemi virus Corona. Ada usul agar para pemain Liga Inggris menggantinya dengan aksi berlutut.

Usulan tersebut dilontarkan oleh Sanjay Bhandari yang merupakan petinggi organisasi antirasisme dalam sepakbola, Kick It Out. Menurutnya, berlutut akan jadi cara tepat memperlihatkan solidaritas dalam gerakan Black Lives Matter.

Gerakan itu sendiri besar menyusul tewasnya George Floyd, warga kulit hitam di Minneapolis, Amerika Serikat, di tangan polisi setempat. Hal itu turut menyulut aksi demonstrasi di penjuru dunia.

"Saya pikir saat ini perlu ada sesuatu yang dirancang, saya akan senang melihat setiap klub melakukan sesuatu bersama-sama, tapi tentu saja itu semua tergantung pada para pemain," kata Bhandari kepada PA yang dikutip London Evening Standard.

"Akan jadi sinyal fantastis jika setiap klub berlutut sebelum pertandingan. Anda kini tak boleh bersalaman sebelum kick-off, jadi mungkin bisa digantikan dengan ritual pra-pertandingan yang baru."

"Kami sedang membahas bagaimana aspirasinya. Saya pikir akan jadi tindakan solidaritas yang solid jika semua berlutut, tapi akan jadi simbol lebih kuat jika itu dilakukan para pemain," tuturnya.



Simak Video "Chelsea Vs Norwich: The Blues Menang 1-0"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com