sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 15 Jun 2020 08:20 WIB

Dean Henderson, Kiper Masa Depan Man United dan Timnas Inggris

Adhi Prasetya - detikSport
SHEFFIELD, ENGLAND - FEBRUARY 22: Dean Henderson of Sheffield United celebrates his sides first goal during the Premier League match between Sheffield United and Brighton & Hove Albion at Bramall Lane on February 22, 2020 in Sheffield, United Kingdom. (Photo by Richard Heathcote/Getty Images) Henderson dipinjamkan MU ke Sheffield United selama dua musim terakhir. Foto: Getty Images/Richard Heathcote
Manchester -

Dean Henderson digadang-gadang sebagai kiper masa depan Manchester United dan Timnas Inggris. Hal itu diutarakan langsung oleh manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer.

Berstatus pemain Setan Merah, Henderson dipinjamkan ke Sheffield United selama dua musim terakhir. Hasilnya pun cukup memuaskan.

Musim lalu, ia berhasil membawa klub berjuluk The Blades itu promosi ke Premier League. Musim ini, ia mencatat 10 cleansheet dari 27 laga Liga Inggris, setara dengan dua kiper kenamaan, Alisson Becker (Liverpool) dan Kasper Schmeichel (Leicester City).

Sheffield pun dibawanya duduk di peringkat tujuh klasemen sementara dan masih berpeluang lolos ke Liga Champions musim depan. Melihat potensi yang dimilikinya, Solskjaer tak sungkan menyebut kiper 23 tahun itu sebagai pewaris tahta David De Gea yang sudah menjadi kiper utama MU selama 9 musim.

"Dean sudah membuat beberapa pilihan tepat selama beberapa tahun terakhir dan berkembang dengan luar biasa," kata Solskjaer, dikutip Sky Sports.

SHEFFIELD, ENGLAND - MARCH 07: Dean Henderson of Sheffield United saves a shot from Mario Vrancic of Norwich City during the Premier League match between Sheffield United and Norwich City at Bramall Lane on March 07, 2020 in Sheffield, United Kingdom. (Photo by Nigel Roddis/Getty Images)Henderson sudah mencatat 10 cleansheet di Liga Inggris musim ini. Foto: Getty Images/Nigel Roddis

"Kami masih melihat di mana ia akan bermain musim depan, sebab hal itu belum diputuskan."

"Musim ini menjadi pengalaman yang hebat untuknya. Dia telah memperlihatkan penampilannya, dan membuktikan dia akan menjadi kiper utama Timnas Inggris dan MU suatu saat," jelas manajer asal Norwegia itu.

Henderson digosipkan akan pulang ke Old Trafford musim depan, namun kabarnya ia baru mau melakukannya jika diberi kans menjadi kiper utama MU. Sedangkan MU baru saja memperpanjang kontrak De Gea selama 4 tahun di awal musim ini.

Terkait hal itu, Solskjaer menyebut bahwa ia hanya melihat penampilan para pemain, sehingga ia akan mengutamakan kiper yang tampil bagus, tak peduli statusnya saat ini.

"Tugas saya bukan membuat pemain merasa bahagia, bukan juga mempertahankan atau mendepak pemain. Itu tanggung jawab para pemain untuk terus tampil baik," tukasnya.

Patut ditunggu, apakah Henderson akan bersaing dengan De Gea memperebutkan posisi kiper utama MU musim depan atau kembali meminjamkannya ke klub lain.



Simak Video "'Musim Ini Alisson Kalah dari Kiper Muda Man United'"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com