sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 20 Jun 2020 04:18 WIB

Tottenham Vs MU: Penalti Selamatkan Setan Merah dari Kekalahan

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
LONDON, ENGLAND - JUNE 19: Paul Pogba of Manchester United is tackled by Eric Dier of Tottenham Hotspur which leads to a penalty during the Premier League match between Tottenham Hotspur and Manchester United at Tottenham Hotspur Stadium on June 19, 2020 in London, England. (Photo by Shaun Botterill/Getty Images) Tottenham Hotspur vs Manchester United berakhir imbang 1-1. (Foto: Getty Images/Shaun Botterill)
Jakarta -

Tottenham Hotspur memimpin di sebagian besar jalannya laga, tapi Manchester United berhasil mencuri satu poin. Penalti membuat duel Tottenham Vs MU tuntas 1-1.

MU bertandang ke Totteham Hotspur Stadium, Sabtu (20/6/2020) dini hari WIB dalam lanjutan Liga Inggris. Ini jadi pertandingan pertama kedua tim selepas lockdown dan cuplikan pertandingan dapat disaksikan lewat Mola TV dengan cara klik di sini.

Tottenham relatif lebih dominan di babak pertama dan berhasil memaksimalkannya untuk mendapatkan gol dari Steven Bergwijn di menit ke-27. Tuan rumah memimpin di babak pertama.

MU bangkit di babak kedua, khususnya setelah Paul Pogba masuk ke lapangan. Pogba pula yang kemudian memenangkan penalti untuk MU di menit ke-80 dan dituntaskan oleh Bruno Fernandes guna menyamakan kedudukan.

MU nyaris mendapatkan penalti lainnya di menit ke-90, saat Fernandes jatuh dalam duel dengan Eric Dier. Wasit meniup peluit tanda pelanggaran, tapi Video Assistant Referee (VAR) membatalkannya.

Sampai peluit panjang berbunyi, skor 1-1 tak berubah. MU tertahan di posisi lima dengan 46 poin dari 30 laga, sementara Tottenham di urutan delapan dengan 42 poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Diawali dengan ritual berlutut sebagai dukungan terhadap pergerakan Black Lives Matter, pertandingan dimulai dengan Tottenham memegang kontrol. Tuan rumah berupaya menekan dari sisi kanan, salah satunya lewat tusukan Steven Bergwijn di menit ke-6 yang mana umpannya dipotong oleh Luke Shaw.

Tottenham kembali membangun serangan dari kanan pada menit ke-13, dengan Moussa Sissoko kemudian memindahkan bola ke Son Heung-min di sisi kiri. Son bergerak memotong ke tengah dan mencoba melepaskan tembakan, namun masih terlalu lemah sehingga mudah diamankan David de Gea.

MU balas mengancam di menit ke-22. Bruno Fernandes mengirim umpan lambung yang gagal disapu dengan sempurna oleh Davinson Sanchez, bola jatuh di kaki Marcus Rashford dan disambar ke arah gawang. Bola masih bisa dihalau oleh Hugo Lloris.

MU melancarkan serangan cepat di menit ke-25 melalui Daniel James di sisi kanan. Umpan silangnya tak terlalu bagus, tapi bisa dikuasai Rashford di sisi kiri.

Rashford mengoper ke Fernandes yang menusuk dan coba diselesaikan gelandang Portugal itu dengan sepakan mendatar. Mudah saja untuk diantisipasi Lloris.

GOL! Tottenham memimpin di menit ke-27. Bola tendangan gawang dari Lloris gagal dikuasai MU meski mendapatkan sentuhan pertama. Aurier menyontek bola dan bergulir ke Steven Bergwijn yang kemudian melakukan solo run.

Bergwijn melewati adangan Harry Maguire dan kejaran Fred, hingga akhirnya menaklukkan De Gea dengan sepakan keras. Tottenham 1-0 MU.

MU nyaris membalas di menit ke-30 dari situasi bola mati. Fred mengirim umpan lambung dari kanan dan mengarah ke Rashford di depan gawang. Tapi penyerang MU itu gagal menyambut bola dan situasi dikendalikan oleh Tottenham.

Peluang untuk Tottenham semenit berselang. Bergwijn lolos dari jebakan offside dan berlari di kanan, untuk kemudian melepaskan umpan silang ke Son di tiang jauh. Son yang leluasa menanduk bola menyasar pojok kanan gawang, tapi De Gea menebak arah dengan tepat dan menepisnya.

Tottenham meningkatkan tekanan ke MU ketika tamunya itu menguasai bola. 'Setan Merah' kesulitan mendapatkan ruang gerak di lapangan tengah.

Serangan dibangun Tottenham dari sisi kiri di menit ke-42. Umpan Lamela diterima Aurier, yang lantas meneruskannya ke Son. Son mencoba menembak tapi keburu diblok oleh bek MU. Dari sepak pojok yang dihasilkan, Harry Winks mendapatkan kesempatan yang cuma berakhir melambung.

LONDON, ENGLAND - JUNE 19:  Bruno Fernandes scores his sides first goal from the penalty spot during the Premier League match between Tottenham Hotspur and Manchester United at Tottenham Hotspur Stadium on June 19, 2020 in London, England. (Photo by Matt Childs/ Pool via Getty Images)MU menyamakan skor lewat penalti Bruno Fernandes. (Photo by Matt Childs/ Pool via Getty Images) Foto: Getty Images/Pool

Percobaan Aurier di menit ke-45 masih melebar. MU membalas lewat tendangan spekulasi Fernandes dari jarak jauh. Tendangannya tepat mengarah ke Lloris. Babak pertama berakhir untuk keunggulan tuan rumah.

Tottenham punya kesempatan bagus di menit ke-52 ketika Lamela menerima bola dalam posisi bebas memasuki sepertiga akhir. Hanya saja umpannya kepada Son yang hendak masuk kotak penalti kurang akurat, sehingga peluang menguap begitu saja.

Dua menit berselang MU yang gantian mengancam. Menerima sodoran dari Anthony Martial, Fernandes melepaskan tembakan mendatar yang berakhir tipis di kiri gawang.

Masuknya Paul Pogba mempertajam serangan MU. Di menit ke-65, umpan Pogba diterima Fernandes di depan kotak penalti Tottenham, lalu dilanjutkan dengan sodoran ke Martial di sisi kanan. Penyelesaian Martial masih bisa diblok oleh Eric Dier.

Martial kembali membuang peluang tak lama kemudian. Menerima umpan dari Shaw, sepakannya dari dalam kotak penalti masih bisa ditepis oleh Lloris.

Tottenham merespons melalui tusukan Giovani Lo Celso di sisi kiri pada menit ke-74. Umpan silangnya meluncur ke depan gawang, namun dihalau lebih dulu oleh De Gea.

Penalti! MU mendapatkan penalti di emnit ke-80 setelah Pogba dijatuhkan Dier. Fernandes maju sebagai eksekutor dan sukses mengecoh Lloris dengan sepakan ke pojok kiri gawang.

Tottenham mendapatkan dua tendangan bebas beruntun pada menit ke-83 dan 85. Tapi tak ada yang membuahkan hasil dari situasi yang seluruhnya dihadapi oleh Son tersebut.

MU hampir saja mendapatkan penalti kedua setelah Fernandes terjatuh dalam perebutan bola dengan Dier. Wasit sudah menunjuk titik putih, tapi VAR menganalisis insiden itu dan membatalkan penalti karena Fernandes dinilai menabrakkan diri ke Dier.

MU melanjutkan tekanan ke tuan rumah. Sebuah peluang didapatkan oleh Mason Greenwood, namun tembakannya meluncur tipis saja ke kiri gawang. Laga berakhir tanpa gol lain.

LONDON, ENGLAND - JUNE 19: The LED screen displays a 'No Penalty' decision after it is ruled out by VAR during the Premier League match between Tottenham Hotspur and Manchester United at Tottenham Hotspur Stadium on June 19, 2020 in London, England. (Photo by Glyn Kirk/ Pool via Getty Images)MU nyaris mendapatkan penalti lainnya di penghujung pertandingan, namun VAR menganulir keputusan wasit. (Photo by Glyn Kirk/ Pool via Getty Images) Foto: Getty Images/Pool

Susunan pemain:

Tottenham Hotspur: Lloris, Aurier, Sanchez, Dier, Davies, Winks, Sissoko, Lamela (Gedson Fernandes 70'), Son, Bergwijn (Lo Celso 70'), Kane

Manchester United: De Gea, Wan-Bissaka, Lindelof (Matic 78'), Maguire, Shaw, Fred (Pogba 63'), McTominay (Bailly 89'), Fernandes, James (Greenwood 62'), Martial (Ighalo 78'), Rashford



Simak Video "Mourinho Vs Sang Mantan: MU Favorit Menang"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com