sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 27 Jun 2020 10:00 WIB

Arteta: Liverpool Juara karena Rencana & Keputusan yang Tepat

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Mikel Arteta Mikel Arteta terinspirasi sukses Liverpool memenangi Liga Inggris. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Manajer Arsenal Mikel Arteta mengaku terinspirasi keberhasilan Liverpool menjuarai Liga Inggris. Liverpool disebutnya punya langkah jelas dan keputusan tepat.

Liverpool berhasil mengunci titel Liga Inggris musim ini dengan tujuh pertandingan tersisa, yang mengantar mereka ke sebuah rekor. Ini jadi gelar Premier League pertama, sekaligus mengakhiri puasa titel liga selama tiga dasawarsa.

Raihan ini bukannya dicapai Liverpool tanpa proses. Tim asal Merseyside itu sempat naik-turun dan cuma jadi tim yang nyaris-nyaris juara saja.

Sejak menjuarai Piala Super Eropa dan Piala FA pada 2005/2006 misalnya, Liverpool cuma memenangi Community Shield dan Piala Liga Inggris hingga musim 2017/2018. Dalam rentang waktu tersebut, Liverpool delapan kali jadi runner-up.

Namun penunjukan Juergen Klopp sebagai manajer pada pertengahan musim 2015/2016 menjadi katalis buat Liverpool. Pria Jerman itu memang tak langsung mendatangkan gelar, tapi dipercaya sepenuhnya menjalankan proyek untuk menang, hingga akhirnya Liga Champions diraih pada 2018/2019 lalu dan kini Liga Inggris.

"Well, menurut saya mereka sudah berjalan jauh sebagai sebuah klub, sebagai sebuah tim, dalam beberapa musim terakhir. Saya rasa mereka sudah menetapkan kultur klub yang sangat jelas, yang sudah mampu mereka salurkan ke para suporter dan memicu keyakinan," kata Arteta dikutip BBC.

"Menurut saya mereka punya filosofi yang sangat jelas dalam hal bagaimana ingin bermain, cara mereka menghadapi setiap laganya, dan mereka juga punya perekrutan yang sangat bagus mulai dari staf, pelatih, dan seluruh pemain yang direkrut secara spesifik untuk cara bermain mereka. Selamat buat mereka," imbuhnya.

Buat Arteta, Liverpool adalah inspirasi karena mampu keluar dari situasi sulit hanya dalam beberapa tahun. Bahkan di dua musim penuh pertama bersama Klopp, 'Si Merah' praktis baru jadi penantang untuk zona empat besar.

"Ya (mereka adalah inspirasi), karena mereka ada di posisi sangat sulit empat tahun lalu dan membuat banyak sekali keputusan tepat, beberapa keputusan yang sulit, beberapa lagi keputusan tak populer, tapi itu keputusan-keputusan yang tepat buat mereka," sambung Arteta.

"Dan mereka sudah sangat konsisten dengan pesan-pesan mereka, pesan yang sangat jelas dari atas ke bawah. Mereka punya mentalitas untuk masuk ke setiap pertandingan dengan semangat yang sama dan mentalitas untuk memenangi laga," tandas mantan asisten Pep Guardiola di Manchester City ini.

Arsenal sendiri sudah 16 tahun ini puasa gelar Liga Inggris. The Gunners bahkan tak mampu finis di empat besar dalam tiga musim terakhir dan terancam berlanjut musim ini.



Simak Video "Arteta Mau 'Tendang' Pemain-pemain Ini dari Arsenal"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com