sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 28 Jun 2020 19:30 WIB

Ini yang Dipelajari Mikel Arteta dari Kesuksesan Liverpool

Bayu Baskoro - detikSport
LONDON, ENGLAND - FEBRUARY 23: Mikel Arteta, Manager of Arsenal gives his team instructions during the Premier League match between Arsenal FC and Everton FC at Emirates Stadium on February 23, 2020 in London, United Kingdom. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images) Mikel Arteta belajar dari kesukesan Liverpool dan Juergen Klopp.(Foto: Catherine Ivill/Getty Images)
London -

Mikel Arteta mengaku belajar dari kesuksesan Liverpool menjuarai Liga Inggris. Menurutnya, The Reds sudah selaras dalam hal filosofi dan pemilihan pemain.

Liverpool berhasil mengunci gelar juara Premier League pada Jumat (26/6/2020), dengan menyisakan tujuh pertandingan yang belum dimainkan. Ini menjadi titel liga pertama Liverpool dalam 30 tahun terakhir.

Sosok Juergen Klopp dianggap berperan besar merombak Liverpool dari masa-masa sulit menuju puncak kejayaan. Sejak direkrut ke Anfield pada 2015, dia mengubah cara bermain The Reds dan merekrut pemain-pemain yang cocok dengan filosofi permainannya.

Kemampuan Klopp mentransformasi Liverpool dengan gaya permainan sesuai filosofinya itu yang ingin diadaptasi Arteta bersama Arsenal. Menurutnya, The Gunners bisa mencontoh cara Liverpool meraih sukses dengan filosofi jelas dan keputusan tepat dalam merekrut pemain.

"Liverpool adalah contoh bagus untuk melihat jika hal tersebut memungkinkan. Namun itu membutuhkan banyak pekerjaan dan keputusan yang tepat dari semua orang," kata Arteta, dilansir dari Mirror.

"Pertama-tama, anda perlu percaya pada apa yang anda lakukan dan melihat jika anda semua selaras dengan keyakinan itu. Dari sana anda mulai membuat keputusan yang tepat, dalam hal rekrutmen, untuk mendapatkan pelatih yang mengidentifikasi filosofi yang dibutuhkan untuk klub dan dipercaya oleh para penggemar," Arteta menambahkan.

"Kemudian anda membutuhkan pemain yang 100 persen berkomitmen kepada manajer dan klub untuk memberikan yang terbaik setiap waktu. Anda harus bertanya tipe pemain seperti apa yang mau anda rekrut? Apakah dia cocok dengan budaya klub?".

"Setelah itu dari segi kualitas, posisi, apa saja yang dibutuhkan? Perlahan anda mulai bersaing dan menjadi lebih baik. Papan klasemen menunjukkan seberapa jauh kami melangkah saat ini," ujarnya.



Simak Video "Mikel Arteta Comeback, Arsenal Mulai Latihan Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com