sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 08 Jul 2020 05:50 WIB

Sadio Mane Membungkam Cibiran

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Liverpools Sadio Mane takes the knee before the English Premier League soccer match between Everton and Liverpool at Goodison Park in Liverpool, England, Sunday, June 21, 2020. (AP photo/Jon Super, Pool) Sadio Mane mencetak 79 gol dari 165 penampilan bareng Liverpool. (Foto: AP/Jon Super)
Jakarta -

Ketika dibeli Liverpool dari Southampton, Sadio Mane bikin sebagian orang mengernyitkan dahi. Apa benar pemain asal Senegal itu sebagus yang dilihat Liverpool?

Mane dibeli Liverpool dari Southampton pada Juni 2016 silam. Nilai transfernya kala itu adalah 34 juta paun, dengan kontrak berdurasi lima tahun.

Pembelian ini sempat mengundang keraguan bahkan di kalangan Liverpool sendiri. Sebab Mane dinilai kerap 'hilang' di tengah pertandingan dan dianggap kurang konsisten.

Tapi torehannya selama bersama Southampton tak terlalu buruk. Ia bikin 25 gol dari 75 penampilan di seluruh ajang.

Seluruh keraguan di awal transfer itu pada akhirnya terbantahkan dengan sendirinya saat ini. Mane jadi salah satu pemain Liverpool yang paling konsisten, setidaknya terbukti dengan torehan 79 gol dari 165 pertandingan di seluruh kompetisi.

Mane bahkan kini sudah selalu mencetak 20 gol atau lebih dalam tiga musim terakhir. Ia berjasa besar membawa 'Si Merah' memenangi Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan yang terbaru: Liga Inggris.

"Saya ingat bocah bertalenta luar biasa ini, yang kami ambil dari Southampton. Dia saat itu punya kemampuan yang sungguh luar biasa, tapi sedikit kekurangan konsistensi, yang mungkin menyebabkan orang-orang berpikir 'Serius? Uang sebanyak itu? Kalian menonton laga yang salah!'," kata Manajer Liverpool Juergen Klopp.

"Mungkin kala itu orang-orang berpikir 'saya tak yakin dia pantas dihargai dengan angka itu', tapi kami 100 persen yakin dengannya. Konsistensi adalah kuncinya dan jelas itu yang dia lakukan sekarang dan bagaimana dia tampil begitu konsisten saat ini. Level performanya saat ini luar biasa."

"Dia pemain yang komplet, dia bekerja keras saat menyerang dan bertahan, dia sangat cepat. Tentunya beberapa hal yang kami lakukan dari sudut pandang taktik membantu para pemain juga dan Sadio adalah contoh bagus atas peningkatan seluruh skuad ini."

"Dia jelas sudah berkembang banyak dalam beberapa tahun terakhir, dan dari level yang sudah sangat tinggi, dari pemain yang sangat bagus menjadi pemain kelas dunia. Tidak diragukan lagi, dan di atas itu semua dia adalah seorang pemenang," tambah pria Jerman ini seperti dikutip Sportsmole.



Simak Video "'Mane Tak Akan Selamanya di Liverpool'"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com