sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 13 Jul 2020 00:30 WIB

Tottenham Vs Arsenal: Son dan Alderweireld Menangkan Spurs

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
LONDON, ENGLAND - JULY 12: Toby Alderweireld of Tottenham Hotspur scores his sides second goal during the Premier League match between Tottenham Hotspur and Arsenal FC at Tottenham Hotspur Stadium on July 12, 2020 in London, England. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in all fixtures being played behind closed doors. (Photo by Julian Finney/Getty Images) Tottenham menang atas Arsenal berkat sundulan Toby Alderweireld. (Foto: Getty Images/Julian Finney)
Jakarta -

Tottenham Hotspur tampil sebagai pemenang dalam derby London utara vs Arsenal. Tertinggal duluan, gol Son Heung-min dan Toby Alderweireld memenangkan Spurs.

Laga Tottenham vs Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris digelar di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (12/7/2020) malam WIB. Pertandingan berjalan menarik dan ketat sejak selepas sepak mula.

Arsenal hampir kebobolan di awal laga dari sebuah kesalahan pertahanan. Tapi kemudian The Gunners malah bisa memimpin lebih dulu lewat sepakan spektakuler Alexandre Lacazette di menit ke-16.

Hanya butuh tiga menit untuk Tottenham menyamakan skor, memanfaatkan kecerobohan pertahanan Arsenal. Son menyamakan skor.

Gol kemenangan Tottenham lahir di menit ke-81 dari situasi sepak pojok. Tandukan Toby Alderweireld menjadi penentu tiga poin untuk tuan rumah.

Dengan hasil ini, Tottenham naik ke posisi delapan klasemen Liga Inggris dengan 52 poin dari 35 pertandingan. Sedang Arsenal turun ke urutan sembilan dengan 50 poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Baru dua menit berjalan, Arsenal nyaris kebobolan dari situasi ceroboh. David Luiz kehilangan bola lewat operan yang buruk tak jauh di depan kotak penalti Arsenal.

Bola dikuasai Lucas Moura, yang kemudian melepaskan tembakan keras. Upayanya bisa dinetralkan Emiliano Martinez.

Arsenal mencoba merespons di menit ke-8 lewat tusukan Kieran Tierney di sisi kiri. Umpan silangnya mengarah ke Alexandre Lacazette yang merangsek ke depan gawang, tapi bola lebih dulu disapu bek Tottenham yang mengawalnya.

Lagi-lagi sebuah kesalahan memicu ancaman untuk Arsenal. Tottenham melakukan serangan cepat dari kiri pada menit ke-10 setelah Arsenal kehilangan bola di tengah.

Lucas Moura mengirimkan umpan terobosan lambung yang coba disontek Harry Kane melewati atas Martinez. Kiper Arsenal itu membaca maksud Kane dan melompat menangkap bola.

Tak lama berselang, giliran Arsenal nyaris unggul! Hector Bellerin merangsek di kanan, berhasil melewati Ben Davies, dan mengirimkan umpan silang mendatar. Bola mengarah ke Pierre-Emerick Aubameyang yang tak terkawal di tengah kotak penalti, tapi sepakannya meleset!

GOL! Arsenal memimpin di menit ke-16. Serge Aurier gagal mengontrol bola liar di sisi kanan pertahana Tottenham dan bola direbut Granit Xhaka, untuk kemudian dioper ke Lacazette. Lacazette dengan dingin melepaskan tembakan keras yang menghujam ke pojok kiri atas gawang.

Tottenham menyamakan skor tiga menit berselang. Sead Kolasinac memberikan umpan ceroboh ke Luiz, yang lebih dekat dengan Son Heung-min. Penyerang asal Korea Selatan itu menguasai bola, lalu tenang saja menaklukkan Martinez dengan sontekan kecil.

Nyaris! Tottenham hampir membalikkan keadaan di menit ke-30. Davies menerima bola dan melepaskan tembakan jarak jauh, yang cuma menghantam mistar gawang usai sempat sedikit dibelokkan Martinez dengan ujung jarinya.

Pepe mendapatkan celah di menit ke-32 dan mencoba mengarahkan tembakan kaki kiri menyasar pojok kiri gawang Tottenham. Hanya sedikit menyamping dari gawang.

Arsenal mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti Tottenham pada menit ke-40, usai Nicolas Pepe dijatuhkan Davies. Aubameyang maju sebagai eksekutor, tapi sepakannya meluncur tipis saja di kanan gawang.

Kedua tim terus berupaya menekan di sisa waktu babak pertama. Tapi tak ada gol tercipta, sehingga periode ini tuntas 1-1.

Tottenham melihat celah di menit ke-52, ketika Giovani Lo Celso meloloskan Moura dengan umpan terukur. Moura melewati Bellerin dan masuk ke kotak penalti, sampai Shkodran Mustafi memblok sepakannya.

Empat menit kemudian gantian Arsenal mendapatkan peluang. Xhaka melihat Bellerin tak terkawal di kanan dan mengoper. Kontrolnya tak terlalu baik sehingga ketika akan menembak, Davies sudah di hadapannya dan memblok bola.

Arsenal hampir bikin gol kedua di menit ke-60. Lacazette bergerak di depan kotak penalti lalu menyodorkan bola ke Aubameyang di sisi kiri. Sepakan Aubameyang meluncur deras, namun tepat menghantam mistar gawang dan kembali ke area permainan.

Arsenal tampil lebih menekan dan mengontrol sejak babak kedua dimulai, sedangkan Tottenham menahan diri. Tapi sebuah serangan cepat di menit ke-72 hampir membawa Tottenham mencetak gol.

Kane menerima umpan panjang dari bek di kiri lalu melewati Mustafi dan mencoba menyodorkan bola ke depan gawang. Bola belum sempat disambar Son ketika Martinez maju dan menyergapnya.

Penyelamatan gemilang dari Lloris di menit ke-79. Mulanya peluang Arsenal dari kaki Dani Ceballos diblok bek, tapi bola pantulan lantas mengarah ke Aubameyang di sisi kiri. Ia menyambar bola mengarah pojok kanan gawang, namun ditepis oleh Lloris.

GOL! Tottenham memimpin di menit ke-81 dari situasi korner. Umpan lambung Son disundul Toby Alderweireld dan bola berakhir di pojok kanan atas gawang.

Dua menit kemudian, Tottenham memberikan ancaman lain. Kane lolos dari jebakan offside dan melepaskan tembakan menyusur tanah yang masih bisa dibaca dan dihalau oleh Martinez.

Giliran Son yang menghadapi peluang di menit ke-86. Kali ini kesempatan Tottenham kandas setelah sepakan Son terhalang Mustafi.

Arsenal mencoba mengejar ketertinggalan di sisa waktu, namun tak membuahkan hasil. Laga Tottenham vs Arsenal tuntas 2-1 untuk kemenangan tuan rumah.

Susunan pemain:

Tottenham: Hugo Lloris; Serge Aurier, Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Ben Davies; Moussa Sissoko, Harry Winks, Giovani Lo Celso (Oliver Skipp 84'); Lucas Moura (Steven Bergwijn 82'), Harry Kane, Son Heung-Min (Erik Lamela 94')

Arsenal: Emiliano Martinez; Shkodran Mustafi, David Luiz, Saed Kolasinac (Reiss Nelson 84'); Hector Bellerin (Cedric Soares 84'), Dani Ceballos, Granit Xhaka, Kieran Tierney (Joe Willock 84'); Nicolas Pepe (Bukayo Saka 70'), Alexandre Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang



Simak Video "Tottenham Ditahan Imbang Crystal Palace"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com