sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 27 Jul 2020 16:20 WIB

Liga Inggris 2019/2020 dalam Angka

Mohammad Resha Pratama - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - JULY 22: The Premier League Trophy is dressed in Liverpool Red Ribbons ready for the presentation ceremony ahead of the Premier League match between Liverpool FC and Chelsea FC at Anfield on July 22, 2020 in Liverpool, England. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images) Liga Inggris 2019/2020 dalam angka (Laurence Griffiths/Getty Images)
Jakarta -

Liga Inggris 2019/2020 selesai sudah. Berikut beberapa fakta terkait kompetisi tersebut yang disajikan dalam angka-angka.

Liverpool sudah memastikan diri sebagai juara Liga Inggris musim ini, unggul 18 poin atas Manchester City yang finis posisi kedua. Sementara, dua tiket tersisa ke Liga Champions jadi milik Manchester United dan Chelsea.

Sementara, tiga tim yang terdegradasi adalah Norwich City, Watford, dan Bournemouth. Berikut beberapa data dan fakta terkait perjalanan Liga Inggris 2019/2020 yang disajikan Opta dalam angka.

5 - David Luiz membuat timnya dihukum penalti lima kali, paling banyak dilakukan seorang pemain selama semusim dalam sejarah kompetisi.

167 - Jack Grealish total dilanggar 167 kali sepanjang musim ini, pelanggaran paling banyak didapat pemain dalam semusim sejak 1998/1999.

24 - Scott McTominay jadi pemain paling cepat dikartu kuning sepanjang sejarah Premier League. Dia mendapat kartu kuning dalam tempo 24 detik saat Man United mengalahkan Newcastle United di kandang Desember lalu.

2.000 - McTominay membuat gol ke-2.000 Manchester United di Premier League saat meghadapi Norwich City Oktober. MU jadi klub pertama yang mencapainya.

27 - Norwich City 27 kali dalam posisi tertinggal sepanjang musim ini dan selalu kalah jika menjalani posisi tersebut. Norwich jadi satu-satunya tim yang punya rekor itu di Premier League.

4 - Posisi keempat adalah pencapaian terbaik di musim debut manajer asal Inggris di Premier League, sejak Frank Clark bersama Nottingham Forest di posisi ketiga 1994/1995.

2 - Frank Lampard menuntaskan musim dengan cemerlang, tapi kekalahan 1-2 dari Liverpool pada September lalu menjadikannya manajer kedua Chelsea - setelah Bobby Campbell di 1988 - yang mengalami kalah di empat laga kandang pertamanya di seluruh kompetisi.

33 - Jamie Vardy jadi pemain tertua yang meraih gelar top scorer Premier League, 33 tahun, mencetak 24 gol.

5 - Virgil van Dijk jadi pemain non-kiper kelima yang selalu bermain setiap menitnya di tim juara Premier League, mengikuti jejak Gary Pallister (1992-93), John Terry (2014-15), Wes Morgan (2015-16), dan Cesar Azpilicueta (2016-17).

2013 - Anthony Martial membuat hat-trick pada Juni lalu saat Manchester United menang atas Sheffield United. Ini adalah hat-trick pertama Man United sejak Robin van Persie membuat tiga gol ke gawang Aston Villa pada April 2013.

7 - Martial dan Marcus Rashford saling memberikan assist satu sama lain di Premier League musim ini, duet paling banyak menghasilkan gol untuk Manchester United di kompetisi ini.

49 - Seluruh 49 klub yang pernah bermain di Premier League setidaknya pernah kebobolan satu kali hat-trick. Ini setelah Raheem Sterling mencetak tiga gol ke gawang Brighton bulan Juli.

14 - Manchester United meraih 14 penalti sepanjang musim ini, paling banyak diraih sebuah tim di musim Premier League.

20 - Harry Kane adalah satu-satunya pemain yang mencetak gol ke seluruh klub yang minimal ditemui lebih dari sekali. Korban ke-29 adalah Sheffield United.

15 - Kevin De Bruyne menuntaskan musim dengan 20 assist, rekor bareng Thierry Henry. Tapi, dia jadi pemain pertama yang memberikan 15 assist di tiga musim berbeda.

93 - Tottenham mencatatkan rekor 93 pertandingan tanpa imbang 0-0, sebelum diimbangi tanpa gol oleh Watford Januari lalu.



Simak Video "Liverpool Ganyang Aston Villa 2-0, Pertandingan Sempat Alot"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com