sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 02 Agu 2020 05:00 WIB

Akhirnya, Arsenal Lolos ke Eropa Juga

Adhi Prasetya - detikSport
LONDON, ENGLAND - AUGUST 01: Mikel Arteta, Manager of Arsenal lifts the FA Cup Trophy after his teams victory in the Heads Up FA Cup Final match between Arsenal and Chelsea at Wembley Stadium on August 01, 2020 in London, England. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in all fixtures being played behind closed doors. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images) Arteta meraih trofi perdananya sebagai manajer. Foto: Getty Images/Catherine Ivill
London -

Arsenal mengunci satu tiket ke Liga Europa musim depan usai menjuarai Piala FA musim ini. Manajer The Gunners, Mikel Arteta, puas bisa menutup musim dengan capaian tersebut.

Di Liga Inggris, Arsenal menjalani kampanye yang buruk. Jangankan lolos ke Liga Champions, mengamankan posisi di zona Liga Europa pun mereka tak mampu setelah cuma finis di posisi kedelapan klasemen akhir dengan raihan 56 poin.

Oleh karena itu, satu-satunya jalan untuk tampil di kompetisi antar klub Eropa adalah dengan memenangi Piala FA. Bukan hal yang mudah karena mereka harus berhadapan dengan rival sekota, yakni Chelsea.

Di Wembley, Sabtu (1/8/2020), The Gunners bahkan sempat tertinggal oleh gol Christian Pulisic di awal babak pertama. Namun mental mereka di Piala FA memang beda. Arsenal berhasil bangkit lewat dua gol Pierre-Emerick Aubameyang dan keluar sebagai juara.

Hasil ini membuat Arsenal menjadi tim paling tersukses di ajang paling tua di sepakbola itu, yakni dengan koleksi 14 trofi. Dan yang paling penting, Arsenal bisa unjuk gigi di Eropa musim depan.

"Laga tadi berjalan sulit di awal, apalagi kami kebobolan cepat. Namun saya paham betul bahwa para pemain saya tak mudah menyerah," kata Arteta kepada BBC selepas laga.

"Mungkin di laga tadi kami sempat menampilkan 30 menit terbaik Arsenal sejak saya datang (sebagai pelatih). Saya amat bangga bisa mewakili para pemain dan juga klub ini."

"Kami mendapat hadiah ganda. Penting bagi kami untuk bisa terus tampil di kompetisi Eropa dengan cara apapun. Dan kami berhasil lolos, jadi saya amat senang."

"Para pemain benar-benar kelelahan dan mereka telah berjuang luar biasa untuk tetap fit di tengah pandemi virus Corona, jadi saya turut senang atas keberhasilan mereka," tutup entrenador asal Spanyol itu.

Dengan hasil ini, maka Arteta berhasil mencatat prestasi, karena pernah meraih Piala FA sebagai pelatih dan kapten klub Arsenal. Sebelumnya, Arteta meraih Piala FA di tahun 2014 dan 2015 sebagai pemain.



Simak Video "Mikel Arteta Comeback, Arsenal Mulai Latihan Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com