sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 04 Agu 2020 09:47 WIB

Sstt... Kata Kolo Toure, Ini Kelemahan Virgil Van Dijk

Putra Rusdi K, Putra Rusdi K - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - JUNE 21: Virgil van Dijk of Liverpool looks on during the Premier League match between Everton FC and Liverpool FC at Goodison Park on June 21, 2020 in Liverpool, England. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in all fixtures being played behind closed doors. (Photo by Peter Powell/Pool via Getty Images) Van Dijk dinilai oleh Kolo Toure lemah dalam duel satu lawan satu (Foto: Peter Powell/Pool via Getty Images)
Liverpool -

Mantan bek Liverpool, Kolo Toure, membeberkan kelemahan dari Virgil Van Dijk. Menurut mantan bek Liverpool ini, Van Dijk lemah dalam duel satu lawan satu.

Van Dijk menjelma menjadi salah satu bek terbaik di dunia sejak bergabung dengan Liverpool pada Januari 2018 silam. Ia menjadi pilar dari keberhasilan Liverpool merengkuh gelar Liga Champions 2018/2019 dan Liga Inggris 2019/2020.

Deretam gelar individu juga mampir ke lemari bek asal Belanda ini. Ia menjadi pemain terbaik Liga Inggris di musim lalu dan berada di posisi kedua dalam penganugerahan Ballon d'Or 2019.

Van Dijk memang terbilang sebagai bek tengah yang cukup lengkap. Tak sekadar pandai meredam serangan lawan, Van Dijk juga punya peran krusial dalam bangunan serangan Liverpool.

Ia mencatatkan rataan akurasi umpan 82 persen dan berhasil mengemas satu assist di Liga Inggris musim ini. Selain itu, Virgil Van Dijk kerap kali mampu menjadi pemecah kebuntuan bagi The Reds. Ia ditunjukkan dengan torehan lima golnya di musim ini.

Meski begitu, Kolo Toure menilai ada satu titik lemah dari Van Dijk. Mantan bek Liverpool ini mengatakan bahwa Van Dijk tak terlalu baik dalam duel satu lawan satu.

"Dia pemain yang luar biasa. Dia pemain top. Dia punya kecepatan, tinggi, dia bisa melompot, punya teknik dan bisa mengganti arah pertandingan dengan umpan panjangnya. Dia sudah mendapatkan segalanya," ujar Toure dikutip dari TalkSport.

"Saya belum melihat banyak pemain berani mengajaknya berduel satu lawan satu. Menurut saya, itu kelemahannya! Dia sangat tinggi dan jika Anda benar-benar menekannya dengan membawa bola, ia akan kesulitan."

"Dia sangat pintar karena dia mampu mundur bertahan dengan baik. Namun, jika Anda benar-benar agresif dalam situasi satu lawan satu, saya pikir Anda bisa mendapatkan sesuatu darinya," jelas pria asal Pantai Gading ini.

Namun, pendapat Kolo Toure ini sebenarnya tak sepenuhnya benar jika menilik statistik Van Dijk di Liga Inggris musim ini. Dikutip dari Opta, persentase keberhasilan Virgil Van Dijk dalam memenangi duel terbilang tinggi yaitu mencapai 74,7 persen.

[Gambas:Opta]



Simak Video "Kata Van Dijk Mengapa Liverpool Sulit Dibobol"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com