Chelsea Belanja Jor-joran, Klopp: Nggak Jamin Juara

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 29 Agu 2020 12:10 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - JULY 22: Jurgen Klopp, Manger of Liverpool puts on his winners medal during the presentation ceremony of  the Premier League match between Liverpool FC and Chelsea FC at Anfield on July 22, 2020 in Liverpool, England. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Klopp sukses menjuarai Liga Inggris musim lalu bersama Liverpool. Foto: Getty Images/Laurence Griffiths
Jakarta -

Manajer Liverpool Juergen Klopp 'menyindir' aktivitas belanja para rivalnya di musim panas ini. Pria asal Jerman itu mengindikasikan bahwa tambahan pemain baru bukanlah jaminan juara.

Chelsea diketahui sudah mulai jor-joran, usai bebas dari hukuman larangan transfer. Sejauh ini, The Blues mendatangkan Timo Werner, Hakim Ziyech, Ben Chilwell, Malang Sarr, hingga Thiago Silva. Masih ada Kai Havertz (Bayer Leverkusen) yang sedang diburu klub milik Roman Abramovich itu.

Manchester City juga sudah menggeliat. Ada Ferran Torres dan Nathan Ake yang sudah resmi mendarat ke Etihad Stadium. Sementara Liverpool baru merekrut Kostas Tsimikas dari Olympiakos.

Namun Klopp tenang-tenang saja melihat pergerakan para pesaing di bursa transfer. Menurutnya, merekrut banyak pemain bukanlah garansi kesuksesan.

"Yang penting itu bukan berapa banyak pemain yang bisa didatangkan tim. Pada akhirnya cuma 11 orang yang bisa bermain di lapangan," kata Klopp, dikutip Metro.

"Yang penting adalah menciptakan sebuah tim yang sulit dikalahkan dan menjadi tim yang layak (juara) dengan siap menderita untuk satu sama lain. Itulah yang terpenting, bukan siapa yang kamu bisa beli di masa-masa sulit ini," jelas eks pelatih Borussia Dortmund ini.

Musim lalu, Klopp memang tak banyak melakukan perombakan dalam skuadnya. Seusai menjuarai Liga Champions 2018/19, ia cuma merekrut Adrian untuk melapis Alisson Becker yang cedera di awal musim dan Takumi Minamino pada bursa transfer musim dingin.

Meski cuma mendapat tambahan dua pemain untuk mengisi skuad utama, Liverpool yang sudah solid tetap berhasil menjuarai Liga Inggris 2019/20, setelah terakhir kali meraihnya 30 tahun lalu.



Simak Video "Kata-kata Pertama Haaland Kala Berseragam Man City"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/mrp)