sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 04 Sep 2020 21:50 WIB

Menanti Van de Beek, Fernandes, dan Pogba Main Bareng

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
AMSTERDAM, NETHERLANDS - AUGUST 08:  Donny van de Beek of Ajax in action during the pre-season friendly match between Ajax Amsterdam and RKC Waalwijk at Johan Cruijff Arena on August 08, 2020 in Amsterdam, Netherlands. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images) Donny van de Beek, gelandang anyar Manchester United. (Foto: Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Jakarta -

Kedatangan Donny van de Beek memicu tanya, bagaimana Ole Gunnar Solskjaer akan menyusun formasi Manchester United dengan Bruno Fernandes dan Paul Pogba.

MU merekrut Donny van de Beek dari Ajax di bursa transfer musim panas ini. Gelandang 23 tahun itu diboyong dengan nilai sekitar 40 juta paun dan dikontrak lima tahun.

Van de Beek merupakan seorang gelandang tengah yang gemar merangsek ke depan dan mencari peluang mencetak gol di dalam kotak penalti. Mengingat karakternya cenderung menyerang, ada pertanyaan apakah mungkin memainkannya bersamaan dengan Fernandes dan Pogba.

Sebab baik Bruno Fernandes maupun Paul Pogba juga bukan tipe gelandang yang bisa diandalkan untuk mengawal lini pertahanan. Ada potensi MU justru terekspos oleh lawan karena memainkan tiga nama ini bersamaan.

Mantan asisten Sir Alex Ferguson, Rene Meulensteen, percaya ketiganya tetap bisa diturunkan bersamaan jika MU menghadapi tim-tim yang di atas kertas lebih lemah. Tapi mengisyaratkan MU patut menghindarinya ketika bertemu lawan kuat.

"Dalam hal permainan pada dasarnya ada tiga gelandang berkarakter menyerang di satu lini. Di laga-laga tertentu, Anda bisa lolos dengan skema itu karena para pesepakbola bagus akan selalu menemukan cara untuk bermain bersama," kata Meulensteen kepada talkSPORT dikutip Metro.

"Tapi kalau Anda menghadapi lawan yang lebih kuat, maka mereka akan membuat tim kekurangan tenaga di pertahanan karena mereka semua bukanlah pemain yang cukup suka bertahan," ujarnya.

Meulensteen juga menanggapi klaim eks pemain Liverpool Danny Murphy, bahwa kedatangan Van de Beek berarti peluang Pogba pergi semakin besar. Ia tak terlalu yakin karena Solskjaer sendiri tampak sudah menjamin bahwa Pogba akan bertahan.

"Saya bisa melihat dari mana Danny, jadi untuk menyebut apakah itu berarti Paul Pogba akan pergi? Saya tak yakin juga."

"Saya rasa sudah ada banyak spekulasi dalam dua musim terakhir. Ketika sampai di akhir musim lalu, situasinya jadi lebih jelas bahwa Ole menegaskan kalau dia ingin mempertahankannya. Saya tak terlalu tahu apakah dia akan pergi," katanya.



Simak Video "Selamat Datang di Manchester United, Donny van de Beek!"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com