sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 13 Sep 2020 07:45 WIB

Liverpool Vs Leeds Hadirkan Hujan Gol, Ini 10 Faktanya

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Liverpools Virgil van Dijk, left, scores his sides second goal during the English Premier League soccer match between Liverpool and Leeds United, at the Anfield stadium, in Liverpool, Saturday, Sept. 12, 2020. (Phil Noble, Pool via AP) 10 Fakta duel Liverpool vs Leeds United di Anfield (AP/Phil Noble)
Liverpool -

Duel Liverpool vs Leeds United di pekan perdana Premier League berlangsung meriah dan melahirkan banyak gol. Berikut 10 fakta laga tersebut.

Pada laga di Anfleld, Sabtu (12/9/2020) malam WIB, Liverpool tiga kali kemimpin dan tiga kali pula Leeds mampu menyamakan skor. Hingga akhirnya penalti Mohamed Salah di menit ke-88 untuk membuat Liverpool menang 4-3.

Bukan start yang mudah untuk Liverpool selaku juara bertahan, tapi setidaknya ini membuktikan kalau Leeds di bawah Marcelo Bielsa memang lawan tangguh.

Berikut 10 fakta terkait duel Liverpool vs Leeds United yang dikutip Opta.

- Liverpool memperpanjang catatan tak terkalahkan di kandang menjadi 60 laga (49 menang 11 kalah) - Rentetan terpanjang ketiga di kompetisi kasta teratas Inggris, setelah 86 laga Chelsea yang berakhir Oktober 2008 dan 63 laga Liverpool yang berakhir Desember 1980.

- Leeds adalah tim promosi pertama yang membuat tiga gol atau lebih ke gawang juara bertahan Premier League sejak Hull City kalah 3-4 dari Man United pada November 2008.

- Ini jadi laga kedua Premier League di pekan pembuka yang menghasilkan lima gol sebelum babak pertama usai, setelah Man United 5-1 Fulham pada Agustus 2006 (4-1 di babak pertama).

- Liverpool kebobolan minimal tiga gol atau lebih di dua laga kandang beruntun. Pertama kalinya sejak September 1982.

- Mo Salah jadi pemain pertama yang mencetak gol di laga pembuka selama empat musim beruntun untuk Liverpool. Selain itu, Salah jadi pemain kedua yang melakukannya di Premier League setelah Teddy Sheringam (1992/1993/ sampai 1995/1996).

- Mo Salah jadi pemain pertama Liverpool yang membuat hat-trick di pekan perdana setelah John Aldridge ke gawang Charlton pada 1988/1989.

- Liverpool kini memenangi 35 pertandingan terakhirnya di mana Mo Salah bikin gol - Dia mengambil alih catatan Wayne Rooney di 34 laga beruntun ketika mencetak gol dari September 2008 hingga Februari 2011.

- Virgil van Dijk mencetak gol ke-10 untuk Liverpool di Premier League - lebih banyak ketimbang bek tengah lainnaya di kompetisi ini sejak debutnya di Liverpool Januari 2018. Sembilan gol terakhirnya semua berasal dari kepala.

- Virgil van Dijk membuat dua kesalahan yang berujung gol dari empat laga terakhirnya di Premier League, lebih banyak ketimbang yang dicatatkan dari 154 penampilan perdana di kompetisi (satu).

- Jack Harrison, Patrick Bamford, dan Mateusz Klich jadi pemain pertama yang mencetak gol debutnya di Premier League, sejak Nick Barmby ke gawang Manchester City pada Agustus 2002, sekaligus yang pertama membuat gol di laga tandang sejak Alan Smith pada November 1998 - saat itu juga menghadapi Liverpool di Anfield.



Simak Video "Salah Hat-trick, Liverpool Kandaskan Leeds 4-3"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com