sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 18 Sep 2020 10:23 WIB

Jika Thiago Alcantara Tiba, Formasi Liverpool Jadi Kayak Begini?

Kris Fathoni W - detikSport
Bayern Munichs Spanish midfielder Thiago Alcantara smiles during the first season training session of the German first division Bundesliga team FC Bayern Munich at the team trainings ground in Munich, southern Germany, on September 11, 2020. (Photo by Christof STACHE / AFP) Jika Thiago Alcantara Tiba, Formasi Liverpool Jadi Kayak Begini? (Foto: AFP/CHRISTOF STACHE)
Jakarta -

Thiago Alcantara di ambang kepindahan ke Liverpool. Kedatangannya diprediksi akan membuat Juergen Klopp bisa kian leluasa mengutak-atik formasi timnya.

Liverpool sudah mencapai kata sepakat dengan Bayern Munich dalam transfer pemain internasional Spanyol tersebut. Kepindahan resminya ke Anfield kini tinggal menunggu waktu.

Thiago Alcantara sendiri dikenal sebagai pemain tengah yang memiliki kemampuan distribusi bola mumpuni, berkat teknik dan visi bermain yang jempolan. Kemampuan kendali dan giringan bolanya pun oke punya.

Hal itu membuat Thiago Alcantara acapkali diplot sebagai deep-lying playmaker di sektor tengah, walaupun tak jarang pula dimainkan lebih ke depan sebagai gelandang serang.

Nah, sejumlah media Inggris seperti London Evening Standard dan The Sun memperediksi bahwa kedatangan Thiago bisa bikin Klopp mengubah formasi standarnya di Liverpool.

Juergen Klopp sebelumnya rutin menggunakan formasi 4-3-3, walaupun belakangan mulai menjajal skema 4-2-3-1. Kedatangan Thiago Alcantara boleh jadi akan bikin formasi kedua itu lebih memungkinkan untuk diterapkan secara maksimal.

Dalam formasi 4-2-3-1, Thiago Alcantara akan diplot sebagai pengatur tempo dan irama permainan di lini tengah, berdampingan dengan Jordan Henderson. Hal ini juga memungkinkan pemain untuk menambah daya dobrak lini depan, dengan Takumi Minamino digadang-gadang sebagai calon kuatnya setelah tampil impresif dalam pra-musim Liverpool.

Formasi LiverpoolPotensi formasi Liverpool bersama Thiago Alcantara. Foto: buildlineup.com

Di sisi lain, masih ada pula kemungkinan Liverpool akan tetap menggunakan formasi dasar 4-3-3 seperti sebelum-sebelumnya. Di sini, tentu saja, Thiago Alcantara akan mengisi satu posisi di lini tengah. Posisi lain mutlak jadi milik Henderson dan satu sisanya bisa diperebutkan Georginio Wijnaldum atau Naby Keita.

Formasi LiverpoolPotensi formasi Liverpool bersama Thiago Alcantara. Foto: buildlineup.com

Menurut detikers sendiri bagaimana?

(krs/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com