Roberto Firmino Tokcer di Timnas, Melempem di Liverpool

Afif Farhan - Sepakbola
Minggu, 11 Okt 2020 16:10 WIB
SAO PAULO, BRAZIL - OCTOBER 09: Roberto Firmino of Brazil controls the ball  during a match between Brazil and Bolivia as part of South American Qualifiers for Qatar 2022 at Neo Quimica Arena on October 09, 2020 in Sao Paulo, Brazil. (Photo by Buda Mendes/Getty Images)
Roberto Firmino Tokcer di Timnas, Melempem di Liverpool (Getty Images)
Sao Paulo -

Roberto Firmino tokcer di Timnas Brasil dengan gol-golnya. Hal itu belum dilakukannya di Liverpool sejauh ini.

Terbaru, Roberto Firmino jadi bintang kemenangan Timnas Brasil atas Bolivia di kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Sabtu (10/10) kemarin. Dia mencetak dua gol, Brasil menang lima gol tanpa balas.

Dilansir Sport Bible, Roberto Firmino bermain apik dan menjalankan tugasnya sebagai peyelesai akhir yang gemilang. Dua gol yang dibuatnya dibuat dari open play dan benar-benar tugas seorang ujung tombak yang tinggal melanjutkan memasukkan bola ke dalam gawang lawan.

Roberto Firmino diplot sebagai penyerang 'nomor 9' dalam formasi 4-3-3. Dia diapit oleh Neymar dan Everton di posisi penyerang sayap.

Dalam pertandingan kontra Bolivia itu, Roberto Firmino tidak banyak turun sampai ke tengah. Dia lebih banyak menganggu konsentrasi pertahanan lawan di area kotak penalti dan bergerak masuk sampai ke depan gawang.

Hal itu rasanya, tidak dilakukannya di Liverpool sepanjang Liga Inggris yang baru mulai ini.




Dari empat laga Roberto Firmino bersama Liverpool di Liga Inggris, pemain berusia 29 tahun itu sama sekali belum mencetak gol. Namun, dirinya sudah menyumbang dua assist.

Jika dirinci lebih dalam sejak berseragam The Reds tahun 2015, jumlah gol Roberto Firmino pelan-pelan turun. Musim 2018/2019 misalnya, dia bisa mencetak 12 gol dari 34 laga dan musim lalu cuma bisa mencetak sembilan gol dari 38 laga.

SAO PAULO, BRAZIL - OCTOBER 09: Roberto Firmino of Brazil controls the ball  during a match between Brazil and Bolivia as part of South American Qualifiers for Qatar 2022 at Neo Quimica Arena on October 09, 2020 in Sao Paulo, Brazil. (Photo by Buda Mendes/Getty Images)Roberto Firmino (kanan) lagi melempem di Liverpool (Getty Images)

Memang sih, tugas mencetak gol di Liverpool dititikberatkan ke Mohamed Salah. Tak ayal, beberapa kali Firmino mengalah kepadanya.

Tapi rasanya, manajer Liverpool Juergen Klopp tak mempersoalkan Roberto Firmino yang melempem. Selama timnya menang, itu yang jadi tujuannya.

Namun namanya penyerang, bukankah pasti butuh gol demi menambah kepercayaan diri?



Simak Video "Lagi-lagi Diogo Jota"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/cas)