sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 16 Okt 2020 12:47 WIB

Nostalgia Wenger Kena Tekel Kolo Toure yang Lagi Trial

Kris Fathoni W - detikSport
BIRMINGHAM - APRIL 5:  Arsenal manager Arsene Wenger looks dejected as he leaves the field with Kolo Toure of Arsenal during the FA Barclaycard Premiership match between Aston Villa and Arsenal held on April 5, 2003 at Villa Park in Birmingham.  The match was a 1-1 draw.  (Photo By Shaun Botterill/Getty Images) Nostalgia Wenger Kena Tekel Kolo Toure yang Lagi Trial. (Foto: Getty Images/Shaun Botterill)
Jakarta -

Sudah pernah dengar kisah Kolo Toure menekel Arsene Wenger saat sedang trial, alias sebelum kariernya mulai di Arsenal? Jika belum, simak nostalgia Wenger berikut ini.

Kolo Toure pernah jadi bek andalan the Gunners semasa era Wenger. Mantan pesepakbola berusia 39 tahun itu, yang kini merintis karier melatih, membela Arsenal di periode 2002-2009.

Nah, karier Kolo Toure bersama Meriam London berawal dari sebuah trial di 2002. Sebuah trial yang membekas karena Kolo Toure bukan cuma menekel dua pemain terbaik kala itu, Thierry Henry dan Dennis Bergkamp, tapi juga Arsene Wenger si manajer!

Dalam wawancara dengan talkSPORT, Wenger pun diajak bernostalgia dengan ditanya soal insiden itu. "Ia mungkin menyadari kalau aku salah satu pemain terbaik," ujar Wenger berkelakar.

Arsene Wenger bicara mengenai tekel Kolo Toure terhadap dirinya itu dengan tawa. Tapi dengan serius, ia menjelaskan bahwa insiden itu memperlihatkan betapa ngototnya sosok bersangkutan.

"Ia punya agresivitas dan ambisi. Itulah yang langsung dapat Anda lihat. Aku menghadapkannya dengan seorang pemain muda satu lawan satu. Ia bagaikan siap melahap semuanya!" tutur Wenger.

Hal itulah yang bikin Wenger terkesan. Kolo Toure pun langsung direkrut keesokan harinya. Kesempatan trial itu sendiri terjadi saat Kolo Toure siap kembali ke negara asalnya, Pantai Gading, usai menjalani sejumlah trial tak sukses lain di tim-tim Prancis.

"Ia menjalani beberapa trial di Prancis dan ditolak di mana-mana, tapi aku bilang, 'sebelum kamu balik ke Pantai Gading, datang dan lakukan trial di sini (Arsenal). Dan setelah satu hari aku mengatakan, 'Oke, aku akan mempertahankan dirimu, tak usah khawatir. Bertahanlah dengan kami'. Ia juga punya kualitas yang bagus," ujar Wenger mengisahkan.

Oya, usai trial Kolo Toure, Arsene Wenger juga mengaku harus langsung mendatangi fisioterapis Arsenal, Gary Lewin. Imbas setelah kena tekel pemain yang kemudian jadi andalannya di sektor pertahanan.

(krs/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com