sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 18 Okt 2020 05:00 WIB

Drama VAR Everton Vs Liverpool, Sadio Mane Offside atau Tidak?

Yanu Arifin - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - OCTOBER 17: Jordan Henderson of Liverpool speaks with Match Officials following the Premier League match between Everton and Liverpool at Goodison Park on October 17, 2020 in Liverpool, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images) Kapten Liverpool Jordan Henderson di laga Everton vs Liverpool. (Foto: Catherine Ivill/Getty Images)
Liverpool -

Drama VAR terjadi di laga Everton vs Liverpool, yang berakhir 2-2. Gol Jordan Henderson di menit-menit akhir dibatalkan karena Sadio Mane dianggap offside.

Pertandingan pekan kelima Liga Inggris 2020/2021 yang berlangsung di Goodison Park, Sabtu (17/10/2020) itu berjalan ketat. Empat gol tercipta dan satu kartu merah dikeluarkan wasit Michael Oliver di laga tersebut.

Liverpool mampu unggul 1-0 lebih dulu lewat gol cepat Sadio Mane pada menit ke-3. Namun, Everton bisa membalas lewat Michael Keane di menit ke-19, yang memaksa skor 1-1 di babak pertama.

Mohamed Salah kemudian sempat membawa Liverpool unggul lagi menjadi 2-1 pada menit ke-72. Namun, tuan rumah lagi-lagi bisa menyamakan skor menjadi 2-1 lewat gol Dominic Calvert-Lewin di menit ke-81.

Di masa injury time, Liverpool sedianya bisa mendapat gol. Di menit ke-90+2, Henderson bisa membobol gawang Everton, memanfaatkan umpan tarik Sadio Mane. Namun, gol itu dianulir.

Setelah dicek VAR atau Video Assistant Referee, rupanya Sadio Mane sudah lebih dulu offside sebelum mengirim umpan ke Henderson. Kemenangan Liverpool pun batal didapat, skor 2-2 menjadi hasil akhir pertandingan Everton vs Liverpool.

Di media sosial, banyak yang mengecam putusan VAR itu. Sebab, dalam video analisisnya, terlihat Mane sejajar dengan dua bek Everton, sebelum melepaskan umpan ke Henderson.

Tak terkecuali Juergen Klopp, yang kesal dengan putusan itu. Manajer asal Jerman tersebut mengaku heran dengan hal itu, bahkan sampai membuatnya bertanya-tanya.

"Saat masuk ke ruang ganti, orang-orang berdiri dengan laptop dan saya berkata 'Ada apa?' Mereka berkata, 'Kami menontonnya kembali dan tidak mengerti mengapa itu offside," kata Klopp, dilansir BBC.

"Saya benar-benar pendukung VAR. Gambaran yang saya lihat tidak ada offside, sejak itu saya bertanya sampai 10 kali dan semuanya mengatakan bahwa itu tidak offside. Itu tidak mengangkat suasana hati saya."

"Saya tidak melihat offside, tetapi mungkin seseorang akan menjelaskannya kepada saya. Gambar yang saya lihat itu tidak offside, tapi itu offside karena seseorang memutuskannya," jelasnya.

Highlight dari duel Everton vs Liverpool yang sengit ini dapat disaksikan di Mola TV lewat link ini.



Simak Video "Diimbangi Everton, Liverpool Tunda Dulu Gelar Juara"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com