sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 19 Okt 2020 13:05 WIB

6 Calon Alternatif Pengganti Van Dijk di Liverpool

Bayu Baskoro - detikSport
LONDON, ENGLAND - AUGUST 29: Virgil van Dijk of Liverpool  warms up prior to  the FA Community Shield final between Arsenal and Liverpool at Wembley Stadium on August 29, 2020 in London, England. (Photo by Andrew Couldridge/Pool via Getty Images) Virgil van Dijk absen lama akibat cedera. (Foto: Getty Images/Pool)
Liverpool -

Virgil van Dijk harus absen panjang akibat cedera yang dialaminya di Derby Merseyside. Berikut ini enam pemain yang bisa mengisi tempatnya di Liverpool.

Van Dijk mengalami masalah pada lututnya saat tampil di laga Everton vs Liverpool di Goodison Park, Sabtu (17/10/2020). Bek The Reds itu diterjang kiper The Toffees, Jordan Pickford, hingga tak mampu lagi melanjutkan pertandingan.

Hasil pemeriksaan menunjukkan ligamen lutut Van Dijk mengalami kerusakan. Alhasil, bek 29 tahun tersebut harus menjalani operasi untuk memulihkan kondisinya.

Pemulihan selepas menjalani operasi lutut biasanya membutuhkan waktu minimal enam bulan. Dengan demikian, Van Dijk diperkirakan bisa absen membela Liverpool hingga akhir musim ini.

Absennya Virgil van Dijk jelas menjadi pukulan telak buat Liverpool. Apalagi, mantan pemain Southampton itu merupakan pilar utama di lini belakang The Reds.

Juergen Klopp selaku manajer Liverpool pun harus memutar otak buat mencari pemain yang bisa mengisi posisi Van Dijk. Baik memanfaatkan penggawa-penggawanya yang sudah ada, mengorbitkan pemain muda, hingga memburu bek anyar di bursa transfer musim dingin.

Dilansir dari berbagai sumber, Berikut ini enam pemain yang bisa menjadi alternatif pengganti Virgil van Dijk di Liverpool.

1. Fabinho
Fabinho aslinya bermain sebagai gelandang jangkar Liverpool. Namun, pemain Brasil itu juga beberapa kali dimainkan Juergen Klopp di posisi bek tengah ketika Joe Gomez atau Joel Matip absen.

Penampilan Fabinho di lini belakang bisa dibilang cukup apik. Dia tampil gemilang menjadi tandem Van Dijk saat Liverpool menang 2-0 atas Chelsea di awal musim ini.

2. Nat Phillips
Phillips telah kembali dari masa peminjamannya di VfB Sttutgart. Musim lalu, dia mencatatkan 22 penampilan di semua kompetisi bersama klub Jerman tersebut.

Bek 23 tahun itu juga sering diturunkan Klopp pada pertandingan pra-musim Liverpool. Phillips bisa menjadi alternatif mengisi posisi yang ditinggalkan Virgil van Dijk hingga bursa musim dingin dibuka.

3. Rhys Williams
Williams merupakan bek muda Liverpool yang baru saja meneken kontrak jangka panjang di Anfield beberapa waktu lalu. Pemain 19 tahun itu sudah dua kali tampil berseragam The Reds di dua pertandingan Piala Liga Inggris.

Liverpool sebenarnya juga masih memiliki Sepp van der Berg dan Billy Koumetio di tim akademi. Namun, Williams dinilai memiliki kemampuan lebih dibandingkan dua rekannya tersebut, hingga bisa diorbitkan Klopp ke tim utama.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com