sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 19 Okt 2020 19:25 WIB

Apa Jadinya Liverpool Tanpa Alisson-Van Dijk?

Bayu Baskoro - detikSport
Liverpools Brazilian goalkeeper Alisson Becker (L) and Liverpools Dutch defender Virgil van Dijk pose as they arrive prior to the UEFA Champions League football group stage draw ceremony in Monaco on August 29, 2019. (Photo by Valery HACHE / AFP) Liverpool harus bertanding tanpa Alisson Becker dan Virgil van Dijk di laga-laga mendatang. (Foto: AFP/VALERY HACHE)
Liverpool -

Liverpool kehilangan Alisson Becker dan Virgil van Dijk akibat cedera. Statistik menunjukkan The Reds jauh lebih rapuh tanpa kehadiran keduanya.

Alisson lebih dulu mengalami cedera di awal Oktober 2020. Kiper asal Brasil itu dibekap cedera bahu, saat latihan sebelum laga kontra Aston Villa di Premier League, dan mesti absen selama empat hingga enam pekan.

Sementara itu, Van Dijk menderita cedera lutut akibat ditabrak Jordan Pickford pada Derby Merseyside akhir pekan lalu. Pemain Belanda itu mesti menjalani operasi dan diperkirakan tak bisa bermain hingga akhir musim.

Absennya Alisson dan Van Dijk jelas menjadi kerugian besar buat Liverpool. Keduanya merupakan sosok vital bagi Juergen Klopp yang selalu mengandalkan mereka di barisan pertahanan sejak 2018.

Livescore memberikan perbandingan Liverpool ketika memainkan Alisson Becker dan Virgil van Dijk, dengan era sebelum keduanya dibeli Klopp. Hasilnya, pertahanan klub Merseyside itu meningkat berkat kehadiran Alisson-Van Dijk.

Liverpool tercatat sudah memainkan 70 pertandingan liga dengan Alisson dan Van Dijk sebagai starter. Hasilnya, mereka menang 56 kali, imbang 10, empat kali menelan kekalahan, dan memiliki rasio kemenangan hingga 80 persen.

Hal ini berbanding jauh dengan saat Liverpool asuhan Klopp belum menghadirkan Alisson-Van Dijk. Ketika itu, The Reds tampil 92 kali dengan catatan 49 menang, 27 seri dan kalah 16 kali. Rasio kemenangan mereka juga turun hingga 53,3 persen.

Kehadiran Alisson-Van Dijk juga memberikan rasa aman di barisan belakang Liverpool. Di saat keduanya tampil, rasio kebobolan juara bertahan Liga Inggris itu hanya mencapai 0,7 per pertandingan, atau jauh lebih sedikit ketika keduanya tidak bermain (1,2 per laga).

Tidak hanya itu, Liverpool juga lebih sedikit menerima tembakan dari lawan selama Alisson-Van Dijk tampil, yakni 8,3 kali per pertandingan. Jumlah itu jelas sebuah peningkatan ketimbang era sebelum keduanya tampil bareng (8,8 kali per laga).

Melihat statistik tersebut, para penggemar Liverpool tentu harap-harap cemas dengan lini belakang timnya tanpa Alisson Becker dan Virgil van Dijk. Bukan tidak mungkin, The Reds bisa lebih mudah ditembus lawan di setiap pertandingannya.

(bay/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com