sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 19 Okt 2020 20:25 WIB

Van Dijk Cedera Parah, Pickford Dipastikan Tak Kena Hukuman

Mohammad Resha Pratama - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - OCTOBER 17: Virgil van Dijk of Liverpool is tackled by Jordan Pickford of Everton which led to Virgil van Dijk being substituted for an injury during the Premier League match between Everton and Liverpool at Goodison Park on October 17, 2020 in Liverpool, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images) Jordan Pickford lolos dari hukuman meski cederai Virgil van Dijk (Getty Images/Laurence Griffiths)
Liverpool -

Apes benar Liverpool. Sudah Virgil van Dijk harus absen lama karena cedera ligamen lutut, kiper Everton Jordan Pickford malah lolos dari hukuman.

Bencana untuk Liverpool ketika Van Dijk mengalami cedera saat Derby Merseyside akhir pekan di Goodison Park. Van Dijk diterjang kiper tuan rumah Jordan Pickford dan membuatnya harus ditarik keluar.

Usai pertandingan, Van Dijk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit. Hasilnya, bek asal Belanda itu mengalami putus ligamen ACL dan mengharuskannya menjalani operasi.

Van Dijk harus menjalani operasi yang membuatnya bisa absen sekitar 7-9 bulan. Kabar ini tentu tidak diinginkan Liverpool mengingat Van Dijk begitu penting untuk Si Merah.

Maka dari itu Pickford pun jadi sasaran kekesalan fans Liverpool, karena bertanggung jawab atas cedera Van Dijk. Apalagi saat itu Pickford lolos dari hukuman wasit Michael Oliver.

Saat itu Michael Oliver tidak mengusir Pickford karena Van Dijk dalam posisi offside sebelum duel yang jadi awal mulai cederanya. Tapi, FA punya aturan bahwa insiden semacam itu bisa ditinjau ulang setelah pertandingan dan membuka peluang mendapat hukuman berat.

Maka itu Liverpool lantas meminta Premier League untuk memberi penjelasan soal keputusan itu dan juga terkait gol Jordan Henderson yang dianulir.

Sayangnya keinginan The Reds itu takkan dikabulkan. Dikutip The Athletic, Pickford lolos dari sanksi apapun karena posisinya kala itu memang offside, sehingga dianggap sudah terjadi pelanggaran lebih dulu.

Selain itu, VAR dalam tinjauannya menyimpulkan tekel Jordan Pickford bukanlah pelanggaran berat yang pantas dikartumerah. Kebijakan FA untuk hukuman di luar pertandingan berlaku jika memang ada insiden yang luput dari pantauan VAR.

Untuk insiden Virgil van Dijk sendiri, Oliver selaku wasit sudah melihat VAR saat laga berlangsung, sehingga tidak memenuhi persyaratan di atas.

(mrp/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com