sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 31 Okt 2020 01:00 WIB

Legenda MU dan Timnas Inggris, Nobby Stiles, Meninggal Dunia

Adhi Prasetya - detikSport
MANCHESTER, ENGLAND - FEBRUARY 6:  (SALES OUT) In this handout image supplied by Manchester United, Nobby Stiles of Manchester United speaks during the memorial service to mark the 50th anniversary of the Munich Air Disaster at Old Trafford on February 6 2008 in Manchester, England. (Photo by John Peters/Manchester United via Getty Images) Stiles pada 2008. Foto: Man Utd via Getty Images/Manchester United
Jakarta -

Kabar duka datang dari sepakbola Inggris. Salah satu legenda Manchester United dan pemenang Piala Dunia 1966, Nobby Stiles, meninggal dunia.

Stiles wafat dalam usia 78 tahun, Jumat (30/10/2020) waktu setempat. Pria kelahiran Manchester itu sebelumnya sudah sakit dalam waktu lama, di antaranya kanker prostat dan dementia.

"Keluarga Stiles dengan perasaan sedih mengumumkan bahwa Nobby Stiles meninggal dengan tenang hari ini (30/10/2020), dikelilingi oleh keluarganya setelah menderita sakit yang berkepanjangan," tulis pernyataan keluarga, sebagaimana dikutip Sky Sports.

Stiles merupakan andalan MU semasa aktif bermain. Ia sebelas musim berseragam Setan Merah, dari tahun 1960 hingga 1971. Prestasi terbaiknya yakni meraih gelar juara Liga Inggris dua kali, yakni pada 1965 dan 1967.



Tak hanya itu, ia merupakan generasi yang berhasil memenangi Piala Champions 1968 dengan menumbangkan Benfica 4-1, yang merupakan gelar perdana MU di kancah Eropa. Ia lalu pindah ke Middlesbrough kemudian pensiun di Preston North End.

Sementara di level internasional, ia tampil 28 kali bersama Timnas Inggris dan menjadi juara Piala Dunia 1966. Pada ajang yang digelar di negeri sendiri itu, Stiles selalu tampil di setiap laga, mulai dari fase grup hingga final, di mana Inggris mengalahkan Jerman Barat 4-2.

Selepas pensiun, Stiles beralih menjadi pelatih. Ia pernah menangani Preston North End, Vancouver Whitecaps, dan West Bromwich Albion. Namun salah satu highlight karier manajerialnya yakni saat melatih tim muda MU selama pada 1989-1993.

Saat itu, ia ikut memoles nama-nama semacam Ryan Giggs dan Gary Neville, yang kelak dipromosikan ke tim utama dan akhirnya pensiun sebagai legenda MU.



Simak Video "Man United dan Barcelona Tertarik The New Paul Pogba"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com