Palang Pintunya Tumbang Semua, Liverpool Bisa Apa?

ADVERTISEMENT

Palang Pintunya Tumbang Semua, Liverpool Bisa Apa?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 12 Nov 2020 15:55 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - SEPTEMBER 16: Virgil van Dijk speaks to Joe Gomez of Liverpool during the Liverpool FC training session on the eve of the UEFA Champions League match between SSC Napoli and Liverpool FC at Melwood Training Ground on September 16, 2019 in Liverpool, England. (Photo by Jan Kruger/Getty Images)
Virgil van Dijk dan Joe Gomez tumbang barengan, Liverpool bisa apa? (Getty Images/Jan Kruger)
Liverpool -

Liverpool langsung kehilangan dua palang pintunya musim lalu karena cedera lutut. Tanpa Virgil van Dijk dan Joe Gomez, The Reds bisa apa?

Keduanya adalah andalan di lini belakang sepanjang musim 2019/2020. Keberhasilan Liverpool menjuarai Premier League musim lalu tak lepas dari performa apik Van Dijk dan Gomez.

Gomez bisa jadi partner yang bagus untuk Van Dijk ketika Joel Matip yang harusnya jadi pemain inti kerap absen karena cedera. Demikian juga dengan Dejan Lovren yang bolak-balik ruang perawatan.

Van Dijk bisa leluasa untuk membangun serangan dari belakang dan bahkan beberapa kali maju pada situasi bola mati. Tapi, musim ini, bak bencana untuk kedua pemain itu.

Van Dijk jadi yang pertama absen setelah mendapat cedera ligamen lutut saat menghadapi Everton. Bek asal Belanda itu dipastikan menepi hingga akhir musim.

Selang hampir sebulan setelah cedera Van Dijk, Liverpool harus kehilangan Gomez. Problemnya sama, cedera lutut namun didapat saat sedang latihan bareng Timnas Inggris.

Kabarnya, cedera ini bisa memaksa Gomez untuk absen hingga akhir musim. Apalagi Gomez sebelumnya sempat mendapat cedera ligamen lutut juga pada 2015, sehingga proses pemulihannya akan berbeda.

Dengan kondisi ini, maka Liverpool kehilangan dua palang pintu yang memberikan gelar juara Liga Inggris musim lalu. Bahkan jika dihitung dengan Trent Alexander-Arnold yang absen sebulan ke depan, maka kuartet bek inti Liverpool tinggal menyisakan Andrew Robertson.

Kehilangan Virgil van Dijk dan Joe Gomez untuk waktu lama ini dianggap bisa mengacaukan kans Liverpool mempertahankan gelar juara. Apalagi gawang mereka sudah kemasukan 15 gol dari delapan laga, ketika keduanya masih bermain.

"Saya bakal terkejut jika cedera Joe itu parah. Dia pemain muda tapi sudah pernah cedera ligamen lutut dan bisa bangkit," ujar mantan pemain Liverpool yang kini jadi pandit Sky Sports Jamie Redknapp.

"Dari sisi Inggris, ini jelas kerugian untuk Gareth Southgate, tapi buat Juergen Klopp, ini kerugian jangka panjang dan Anda sudah kehilangan Virgil, lalu Joe Gomez. Ini tentu bikin Liverpool sebagai calon kuat juara menjadi stress," sambungnya.

"Ini jelas akan mengubah banyak hal dan semua yang terlibat, bahwa dua pemain itu sudah tampil luar biasa belakangan ini. Tidak mudah kehilangan Virgil saat ini, tapi akan lebih sulit lagi tanpa Virgil dan Gomez," tutup Redknapp.

(mrp/krs)

ADVERTISEMENT