Bisakah Liverpool Mendominasi Liga Inggris? Ini Kata Klopp

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 18 Des 2020 11:10 WIB
Liverpools manager Jurgen Klopp celebrates towards the fans after the end of the English Premier League soccer match between Liverpool and Tottenham Hotspur at Anfield in Liverpool, England, Wednesday, Dec., 16, 2020. Liverpool won the game 2-1. (Clive Brunskill/ Pool via AP)
Juergen Klopp tak yakin Liverpool bakal mendominasi Inggris untuk waktu lama (AP/Clive Brunskill)
Liverpool -

Liverpool di era-nya Juergen Klopp diprediksi bisa mendominasi Liga Inggris. Tapi, Klopp bahkan tak yakin The Reds bisa melakukan itu. Kenapa?

Liverpool menyudahi puasa 30 tahun gelar juara Liga Inggris bersama Klopp musim lalu. Bahkan, Liverpool memastikan gelar juara itu ketika musim menyisakan tujuh pekan lagl.

Ini adalah rekor tercepat di Inggris dan beberapa catatan apik lain dibuat Liverpool. Pencapaian luar biasa Liverpool musim lalu adalah buah kerja keras Klopp selama lima tahun menangani klub.

Setelah tanpa gelar di tiga tahun pertamanya, Klopp memberikan empat gelar dalam dua tahun terakhir ini. Sebelum Premier League, ada Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Melihat kinerja Klopp saat ini beserta para pemain Liverpool yang berada di usia emas-nya, maka mereka bisa saja mendominasi Inggris layaknya Manchester United di era Sir Alex Ferguson.

Tapi, Klopp tak sependapat dengan itu karena menurutnya Liga Inggris saat ini lebih menantang dan persaingan lebih ketat. Alhasil, Liverpool takkan bisa mendominasi selama bermusim-musim, karena kekuatan Big Six dibilang hampir merata.

"Saya rasa tidak akan ada yang mendominasi sepakbola Inggris - 100 persen sangat sulit. Liga ini terlalu menantang, jadwalnya pun luar biasa padat," ujar Klopp seperti dikutip SBS.

"Kita semua harus bisa melewati masa-masa sulit saat ini dan juga ke depannya. Kami punya empat pemain di tim terbaik dunia tahun lalu - salah satunya kami datagkan dari Bayern, bisnis yang bagus menurut saya. Kami jelas punya tim bagus," sambungnya.

"Semakin banyak kemenangan, maka semakin dekat dengan trofi. Jika Anda berada di final atau apapun itu, maka Anda harus bisa jadi juara."

"Tapi, kami tidak berencana mendominasi dunia dalam beberapa tahun ke depan. Kami cuma fokus dari laga ke laga, salah satunya duel di Crystal Palace sekitar 40 jam lagi lah," tutup Juergen Klopp.

(mrp/rin)